TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kota yang Jadi Surganya Kuliner di Indonesia 2024, Bikin Kalap!

Apakah kamu setuju dengan daftar ini?

Ilustrasi makanan batagor (pixabay.com/Gianyasa)

Intinya Sih...

  • TasteAtlas Award 2023/2024 menetapkan beberapa kota di Indonesia sebagai "surganya" kuliner, bersanding dengan kota besar dunia lainnya.
  • Bandung, Jakarta, Surabaya, Padang, Malang, dan Yogyakarta masuk dalam daftar "Kota Surganya Kuliner" versi TasteAtlas.
  • Masing-masing kota memiliki sajian khas dengan rekomendasi tempat makan dari TasteAtlas untuk mencicipi hidangan tersebut.

TasteAtlas kembali meluncurkan TasteAtlas Award 2023/2024 yang menetapkan beberapa kota di Indonesia sebagai "surganya" kuliner. Dalam daftar tersebut, kota-kota di Indonesia bersanding dengan kota besar di dunia lainnya, seperti Roma, Tokyo, hingga Naples. 

Setiap kota di Indonesia memiliki sajian khasnya dengan karakteristiknya tersendiri. Ada wilayah yang cenderung menggunakan bumbu rempah yang pekat, tetapi ada juga yang cenderung ringan. 

Penasaran kota di Indonesia apa saja yang masuk ke dalam daftar "Kota Surganya Kuliner" yang dirilis TasteAtlas? Berikut di antaranya.

1. Bandung

Ilustrasi baso aci (freepik.com/ikarahma)

Bandung yang biasa dijuluki sebagai Kota Kembang ini terkenal akan kulinernya yang menggoyang lidah. Tak heran kalau ibu kota Provinsi Jawa Barat ini menduduki peringkat ke-10 kota dengan makanan terbaik di dunia versi TasteAtlas. 

Terdapat banyak olahan aci atau tepung kanji yang bisa kamu temukan di sini, mulai dari cireng cimol, cilok, cimin, hingga bakso aci. Ada pula kuliner lainnya, seperti batagor, kupat tahu, soto Bandung, hingga mi kocok. Raos pisan, euy!

Rekomendasi tempat makan dari TasteAtlas: Warung Nasi Ibu Imas 81, Lemper Purnama, Baso Tahu Mang Ade, Serabi Kinca Suji, Batagor Yunus, dan Mie Kocok Persib.

2. Jakarta

ilustrasi gado-gado (vecteezy.com/priyosaputro)

Setelah Bandung, ada Jakarta menduduki peringkat ke-11 sebagai kota dengan makanan terbaik di dunia versi TasteAtlas. Bagaimana tidak, kota terpadat di Indonesia memiliki beberapa sajian kuliner yang khas dan bikin ngiler. Beberapa di antaranya juga dipengaruhi Suku Betawi. 

Kalau ke Jakarta, jangan lupa cobain ketoparak, gado-hado, soto betawi, nasi uduk, kerak telur, hingga roti buaya. Apakah kamu sudah mencoba semuanya hidangan tersebut?

Rekomendasi tempat makan dari TasteAtlas:  Soto Betawi Haji Husen, Pondok Laguna, dan Gulai Tikungan (Gultik).

3. Surabaya

Ilustrasi rawon (pexels.com/Rendy Ramdani)

Surabaya menduduki peringkat ke-16 sebagai kota dengan makanan terbaik di dunia versi TasteAtlas. Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini menjadi melting pot dari beberapa suku di Jawa Timur, seperti Suku Madura dan Suku Jawa. Alhasil, makanan khasnya pun banyak dipengaruhi kedua suku tersebut. 

Belum ke Surabaya namanya kalau belum mencicipi beberapa hidangan seperti pecel, soto Lamongan, rawon, bebek goreng, tahu telur atau tahu tek, rujak cingur, atau semanggi khas Surabaya yang ikonik. Semuannya bakal membuatmu ketagihan!

Rekomendasi tempat makan dari TasteAtlas: Soto Ayam Ambengan Pak Sadi, Soto Ayam Cak To, Rawon Pak Pangat, Warung Sedap Malam, hingga Rawon Kalkulator.

Baca Juga: Bebek Goreng Indonesia Masuk sebagai 10 Olahan Bebek Terenak di Dunia

4. Padang

Ilustrasi rendang (pixabay.com/WonderfulBali)

Kurang afdal rasanya kalau tak memasukkan Padang ke dalam daftar ini. Ibu kota Provinsi Sumatra Barat ini Surabaya menduduki peringkat ke-42 sebagai kota dengan makanan terbaik di dunia versi TasteAtlas. 

Kuliner khas Padang terkenal akan cita rasanya yang pekat dan kaya rempah. Sebagian besar sajiannya menggunakan santan sebagai bahan utamanya. Rasanya sulit untuk melewatkan rendang, sate Padang, ayam pop, hingga soto Padang. 

Rekomendasi tempat makan dari TasteAtlas: Rumah Makan Lamun Ombak, Sate Itjap, dan Restoran Simpang Raya. 

5. Malang

Ilustrasi bakso (vecteezy.com/sebelastudio)

Selain Surabaya, kota Jawa Timur lainnya yang masuk dalam daftar ini adalah Malang. Kota bersuhu dingin ini menduduki peringkat ke-49 sebagai kota dengan makanan terbaik di dunia versi TasteAtlas. 

Jika sedang singgah ke Malang, wajib hukumnya untuk mencicipi baksonya. Berbeda dengan bakso di tempat lain, bakso khas Malang memiliki variasi yang lebih beragam. Misalnya seperti pangsit goreng, pangsit rebus, bakso goreng, mi, dan aneka gorengan. 

Rekomendasi tempat makan dari TasteAtlas: Bakso Kota Cak Man dan Bakso Cak Kar. 

6. Yogyakarta

Ilustrasi gudeg (commons.m.wikimedia.org/Indonesiagood)

Kota Pendidikan ini menduduki peringkat ke-58 sebagai kota dengan makanan terbaik di dunia versi TasteAtlas. Beberapa hidangannya cenderung bercita rasa manis, salah satunya gudeg. Kuliner lainnya yang tak kalah menggoda antara lain sate klathak, ayam geprek, bakpia pathok, hingga kopi joss yang diberi arang panas.

Rekomendasi tempat makan dari TasteAtlas: Gudeg Yu Djum, Gudeg Sagan, Kopi Klothok, dan Bakpia Kurnia Sari. 

Itulah deretan kota yang jadi surga kuliner di Indonesia 2024 versi TasteAtlas. Selain enam kota di atas, menurut kamu, kota mana lagi yang memiliki kuliner yang menggoyang lidah?

Baca Juga: 10 Menu Sarapan Terenak di Dunia, Semua Menggugah Selera 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya