TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Unik Paris Baguette, Perpaduan Cita Rasa Eropa dan Asia

Banyak yang mengira merek ini berasal dari Paris

Paris Baguette New York (instagram.com/parisbaguette_usa)

Belakangan ini, Paris Baguette tengah ramai diperbincangkan, bahkan sempat trending di berbagai media sosial. Toko roti ternama itu kembali mendapat kecaman dari netizen, terutama di Korea Selatan.

Pasalnya, karyawan diminta tetap melakukan produksi, bahkan beberapa jam setelah terjadi kecelakaan kerja. Terlepas dari kecelakaan kerja yang terjadi, ada beberapa fakta unik Paris Baguette yang belum banyak orang tahu.

Apa saja itu? Buat menjawab rasa penasaranmu, yuk cari tahu fakta unik Paris Baguette berikut ini!

1. Paris Baguette bukan asal Prancis, melainkan Korea Selatan

Paris Baguette Singapura (instagram.com/parisbaguette_sg)

Mendengar atau membaca nama Paris Baguette tampak seperti brand dari Eropa. Namun, siapa sangka justru perusahaan roti atau pastry yang berasal dari Korea Selatan. Dahulu hanya toko kecil bernama Sangmidang, sedangkan produknya memang terinspirasi dari roti dan kue Eropa.

Konon, akar perusahaan ini sudah ada sejak tahun 1945 dan saat ini dimiliki SPC Group. Sedangkan, merk Paris Baguette mulai didirikan pada 1986 dan menjadi waralaba sejak 1988.

Perusahaan yang kini telah mendunia ini, memadukan gaya Asia dan Eropa sekaligus dalam cita rasa makanannya. Hal ini menjadi salah satu kesuksesannya, karena menggunakan bahan berkualitas yang gak kalah dari roti dan kue tradisional Eropa.

Sedangkan untuk rasanya, tetap menyesuaikan dengan lidah orang Asia, seperti adanya menu berbahan kacang merah.

2. Tidak semua mengantongi sertifikat halal

Paris Baguette Singapura (instagram.com/parisbaguette_sg)

Pernah terlintas dalam pikiranmu bahwa tidak semua roti atau kue halal? Demikian pula dengan Paris Baguette yang baru mendapatkan sertifikat halal dari Korea Muslim Federation (KMF) sekitar tahun 2012. Sertifikat tersebut hanya dapat berlaku di Korea Selatan.

Hal ini penting banget bagi Paris Baguette yang berambisi menjadi perusahaan roti terbesar dunia. Apalagi, mulai melakukan ekspansi ke negara-negara mayoritas penduduknya beragama Islam. Seperti Indonesia, Malaysia, dan negera-negara Timur Tengah.

Selain itu, permintaan makanan halal di Korea Selatan juga semakin meningkat. Karena, semakin banyak pelajar dan pelancong dari negara-negara Muslim.

Baca Juga: 10 Ragam Roti Tradisional dari Berbagai Negara selain Baguette

3. Sukses di Prancis dengan memenangkan Coupe du Monde de Boulangerie

pembuatan roti di Paris Baguette (instagram.com/parisbaguette_usa)

Selain namanya besar di Korea Selatan, Paris Baguette juga mampu bersaing di Eropa. Nyatanya, Paris Baguette memenangkan Coupe du Monde de Boulangerie tahunan. Sebuah kompetisi memanggang paling bergengsi di dunia.

Dengan embel-embel "Paris" tak membuatnya masuk pasar Prancis begitu saja. Paris Baguette justru masuk memasuki pasar Prancis pada 2014 lalu. Namun, gak diragukan lagi kualitasnya, hanya berselang dua tahun, baguette-nya dinyatakan sebagai yang terbaik di dunia.

Seperti yang kamu tahu bahwa baguette merupakan simbol tradisi, budaya, dan makanan Prancis. Jadi hal yang lumrah kalau ada aturan dan spesifikasi khusus untuk membuat baguette. Hal ini juga mejadi tantangan tersendiri bagi Paris Baguette, untuk membawa baguette lokal ke khalayak internasional.

4. Masuk dalam Top 100 Franchises 2022

roti Paris Baguette bertema Haloween (instagram.com/parisbaguette_kr)

Tampaknya, usaha dan ambisi Paris Baguette membuahkan hasil. Perusahaan ini masuk ke dalam Top 100 Franchises 2022 versi Frenchises Direct. Paris Baguette berada di urutan ke-41 dunia, yang bersaing dengan franchise lain dari berbagai industri.

Melansir The Korea Herald, Paris Baguette menempati peringkat ke-25 di antara merek waralaba terbaik yang dievaluasi Majalah Franchise Times yang berbasis di Amerika Serikat.

Hal tersebut berdasarkan penjualan di Amerika Serikat. Paris Baguette melonjak 13 peringkat dari tahun lalu yang berada di urutan ke-38.

Paris Baguette memiliki sekitar 4.000 gerai di berbagai belahan dunia. Di Indonesa saja, sudah ada tujuh gerai yang bisa kamu temui.

Lokasinya di Ashta District 8, Senayan City, Gandaria City, PIM 3, Kota Kasablanka, Summarecon Mall Bekasi, dan Summarecon Mall Serpong. Kamu  pernah coba yang mana nih?

Baca Juga: 5 Bakery Korea di Indonesia, Ada Paris Baguette Favoritnya Artis Korea

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya