TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Tempat Makan Fried Chicken Lokal yang Murah Meriah

Bisa makan ayam goreng enak dengan harganya murah

ilustrasi fried chicken (unsplash.com//Brian Chan)

Ayam goreng krispi alias fried chicken merupakan salah satu makanan yang disukai orang Indonesia. Teksturnya yang krispi dan bagian dalamnya yang lembut akan membuat nafsu makan meningkat.

KFC, McDonald's, dan A&W adalah tiga dari sekian banyak nama restoran fried chicken siap saji yang populer di Indonesia. Namun, harga ketiganya cukup pricey dan kurang ramah pada kantong mahasiswa, terutama saat akhir bulan.

Gak perlu khawatir, ada alternatif tempat makan fried chicken lokal yang harganya ramah di kantong. Penasaran di mana saja? Simak ulasannya di bawah, yuk!

1. Olive Fried Chicken

ilustrasi fried chicken (freepik.com/aopsan)

Bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan Olive Fried Chicken. Jenama ayam goreng tepung ini sudah ada sejak 2011. Kini gerainya sudah punya lebih dari 100 cabang yang tersebar di Yogyakarta dan Jawa Tengah. 

Selain rasanya yang mirip dengan KFC, hal yang membuat Olive Fried Chicken ini disukai banyak orang, terutama mahasiswa dan anak kos, adalah harganya sangat murah. Harga pake nasi, ayam, dan es teh kemasan mulai dari Rp11 ribu saja. Wow!

2. Sabana Fried Chicken

ilustrasi fried chicken (unsplash.com/ Gabe Pierce)

Sabana Fried Chicken mudah ditemukan di berbagai tempat di Pulau Jawa dan Sumatra. Biasanya, para mitra Sabana menjajakan dagangan menggunakan booth atau gerobak di pinggir jalan hingga pusat kuliner.

Meski tempatnya sederhana, rasa dan kualitas ayam goreng Sabana tidak bisa dipandang sebelah mata. Tekstur luarnya gurih dan renyah, tapi dagingnya lembut dan juicy.

Dari jauh, aroma sedapnya sudah tercium dan membuat siapa saja tergoda untuk mencicipinya. Harga per potongnya dijual mulai dari Rp8 ribuan. 

3. D'Besto

ilustrasi fried chicken (flickr.com/Lisa Walcott-Moreley)

Berkat harganya yang terjangkau, D'Besto mudah ditemukan di lingkungan kampus atau indekos. Ayam-ayam yang sudah digoreng renyah biasanya akan dipajang di etalase kaca di bagian depan setiap gerainya. Melihat bentuknya yang menarik, siapa pun akan tertarik melahapnya.

Buat kamu yang sedang hemat saat akhir bulan, ada berbagai menu yang bisa kamu pesan di D'Besto. Salah satunya Paket Wing Box yang berisi ayam dan nasi dengan harga mulai dari Rp10 ribu. 

4. Dkriuk Fried Chicken

ilustrasi fried chicken (pixabay.com/brandonmiront)

Dkriuk Fried Chicken cukup masif mengembangkan kemitraannya di berbagai kota di Indonesia. Hingga saat ini ada lebih dari 900 gerai yang sudah dibuka. Namanya yang cukup "melokal" membuatnya mudah dikenali. Orang-orang pun langsung tahu bahwa tempat tersebut menyajikan sesuatu yang gurih dan renyah.

Harga per potong ayam di Dkriuk Fried Chicken pun cukup terjangkau, mulai dari Rp7 ribu. Selain itu, ada ayam geprek dengan sambal bawang yang pedasnya nampol serta ayam dengan saus keju yang lumer banget.

Baca Juga: 7 Restoran Fried Chicken Lokal di Jogja, Gak Kalah dari KFC

5. Hisana Fried Chicken

ilustrasi fried chicken (flickr.com//*Jacki*)

Hisana Fried Chicken juga menawarkan rasa ayam goreng yang tak kalah dengan restoran-restoran ayam populer. Dari aromanya saja sudah membuat banyak pelanggan tergoda. Apalagi harga satu porsi ayam dan nasi mulai dari Rp13 ribu saja.

Gak hanya ayam, di Hisana Fried Chicken juga tersedia kentang goreng, jamur krispi, pentol krispi, nugget, chicken fillet, dan kulit ayam krispi. Adapun harganya mulai Rp ribu hingga Rp14 ribu saja. 

6. Rocket Chicken

ilustrasi fried chicken (flickr.com/Nami Quenby)

Berdiri sejak 2012 di Semarang, Rocket Chicken merupakan waralaba ayam goreng yang saat ini sudah memiliki lebih dari 1.000 gerai di seluruh Indonesia. Bumbu dan tepung ayam yang digunakan adalah hasil racikan sendiri dan memiliki keunikan yang disukai banyak orang.

Harga menu paket yang berisi nasi dan ayam dibanderol mulai dari Rp9 ribu. Meski murah, rasanya gak akan mengecewakan. Kamu juga bisa mencicipi chicken steak, chicken strip, nasi goreng, chicken burger, chicken cheese burger, sayap geprek, mi goreng, dan aneka spageti.

7. Rocky Rooster

ilustrasi fried chicken (flickr.com/bour3)

Bagi warga Jakarta, mungkin sudah tidak asing Rocky Rooster. Gerai ayam goreng krispi ini tersebar di beberapa wilayah ibu kota, seperti Tendean, Palmerah, Pancoran, Glodok, Jelambar, Telukgong, Cibubur, Pluit, dan sekitarnya.

Kelezatan Rocky Rooster sudah tidak diragukan lagi. Bumbu racikannya meresap hingga ke bagian dalam, tapi tepungnya membentuk lapisan yang gurih dan renyah di luar. Harganya dibanderol mulai dari Rp9 ribu. 

8. Lazatto Chicken & Burger

ilustrasi fried chicken (unsplash.com/HONG FENG)

Lazatto Chicken & Burger merupakan merek ayam goreng lokal yang didirikan pada tahun 2018. Meskipun tergolong baru, fried chicken asal Sukabumi ini berhasil menarik perhatian masyarakat dengan menu-menu yang inovatif dan unik. Harga paket combo berisi nasi, ayam, dan nestle orange dibanderol mulai dari Rp15 ribu. 

Ragam pilihan menu yang ditawarkan, seperti Ayam Sadaz, Chicken Steak, Chicken Burger, serta serta kombinasi unik antara mi goreng dan ayam pada menu Midazz dan Miprek. Pilihan saus cocolannya pun tak kalah menarik, dari balado, BBQ, mentai, garlic mayo, hingga saus Thailand.

9. Labbaik Chicken

ilustrasi fried chicken (freepik.com/chandlervid85)

Fried chicken asal kota kembang ini ayam krispi yang lezat dengan harga sangat tejangkau. Satu paket ayam, nasi, lengkap dengan minuman, bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp10 ribu. Uniknya lagi, ayam krispi lokal satu ini dimasak menggunakan oven sehingga lebih sehat dan tidak berminyak.

Perpaduan daging ayam juicy dengan bumbu yang meresap sempurna, dibalut kulit yang kripsi dan renyah, dijamin bikin puas. Pilihan sausnya juga beragam, mulai dari keju, cajun, hingga BBQ level, yang bisa kamu pilihan sesuai selera.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya