TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Makanan Musim Gugur di Jepang yang Wajib Kamu Cobain

Mulai dari oden sampai daun mapel goreng

Ilustrasi kastanya atau chestnut (unsplash.com/reskp)

Musim gugur di kawasan Asia Timur biasanya jatuh pada September hingga November. Tak terkecuali dengan Jepang. Bulan-bulan tersebut pun menjadi ramai, karena banyak wisatawan dari luar Jepang yang ingin menikmati pemandangan warna-warni yang cantik di setiap sudut tempatnya.

Selain jalan-jalan ke berbagai tempat seru, setiap wisatawan juga wajib mencicipi beragam makanan musim gugur di Jepang yang terkenal nikmat. Penasaran ada apa saja? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Oden

japantimes.co.jp

Suhu udara musim gugur di Jepang biasanya cenderung dingin, apalagi saat mendekati musim dingin. Masyarakat Jepang perlu menyantap makanan hangat, agar stamina tetap terjaga. Salah satunya oden.

Makanan terbuat dari kuah dashi kedelai dengan rasa yang nikmat. Isiannya bisa menyesuaikan dengan selera. Mulai dari fish cake, baso ikan, telur rebus, lobak jepang atau daikon, tahu, sawi putih gulung, rumput laut, dan sebagainya.

2. Sanma

japantimes.co.jp

Sanma atau ikan sauri pasifik merupakan salah satu jenis ikan yang jumlahnya melimpah saat musim gugur di Jepang. Masyarakat Jepang sering mengolah ikan berkulit perak ini menjadi sanma no shioyaki dengan cara dipanggang dan hanya diberi taburan garam.

Saat hendak disantap, ikan biasanya diberi tambahan perasan jeruk nipis dan kecap, biar makin nikmat. Nasi putih hangat menjadi pelengkap yang membuat perut makin kenyang.

3. Shinmai

Ilustrasi nasi putih khas Jepang (unsplash.com/jjik_da)

Shinmai atau beras yang dipanen pertama pada musim gugur menjadi salah satu makanan favorit yang tidak boleh dilewatkan. Nasi yang terbuat dari beras ini cita rasanya lebih lembut dan lebih manis jika dibandingkan dengan nasi jepang pada umumnya. 

Karena jumlahnya terbatas, shinmai hanya dijual pada September hingga Desember. Beras ini cocok disantap dengan berbagai makanan khas musim gugur lainnya. 

4. Jamur matsutake

Ilustrasi jamur matsutake (pixabay.com/spiagol56)

Jamur matsutake merupakan jamur premium yang tidak dibudidayakan, melainkan tumbuh liar di sekitar pepohonan pinus, dan dipanen pada musim gugur.

Jamur ini biasanya diolah dengan cara dipanggang langsung di atas api kecil, dikukus bersama shinmai, atau dibuat sup. Aromanya yang kuat dan rasanya yang nikmat bakal membuat nafsu makan meningkat.

5. Momiji tempura

Ilustrasi momiji tempura (gbni.co.jp)

Daun mapel dijadikan gorengan? Bisa banget, lho. Masyarakat Osaka sering membuat momiji tempura atau tempura dari daun mapel saat musim gugur. Sebab, pada musim tersebut, dedaunan mapel yang semula berwarna hijau berubah menjadi merah dan oranye, kemudian berguguran.

Daun-daun dipilih yang terbaik, lalu diasinkan selama setahun terlebih dahulu. Jika sudah setahun, daun dipilih lagi dan digoreng dengan tepung dan bumbu rahasia yang membuatnya enak dan gurih. Pengin cobain?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Ekstrem di Jepang yang Cocok untuk Adrenalin Junkie

6. Yaki imo

Ilustrasi yaki imo (chopstickchronicles.com)

Saat udara dingin, menyantap yaki imo atau ubi panggang bisa jadi solusi menghangatkan badan dan mengganjal perut biar gak mudah keroncongan. Makanan ini mudah ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari street food, toserba, hingga ada toko yang khusus menjualnya.

Biar lebih enak, biasanya yaki imo disantap dengan taburan sedikit garam. Tak jarang, ada yang menambahkan mentega dan taburan biji wijen hitam. Kamu suka yang mana?

7. Kuri

Ilustrasi kastanya atau chestnut (unsplash.com/reskp)

Kuri juga sering disebut sebagai atau japanese chestnut atau kastanya. Buah ini sangat populer dan jumlahnya melimpah saat musim gugur di Jepang. Kamu bisa menemukannya di kedai-kedai kecil pinggir jalan.

Selain dipanggang kemudian dimakan langsung, kuri juga sering dimasak dengan nasi (kuri-gohan), dibuat manisan (kuri-kinton), diolah jadi roti (kuri-manju), hingga dijadikan isian kue dorayaki yang pipuler.

8. Kaki

Ilustrasi buah kesemek (unsplash.com/jerry_318)

Kaki atau kesemek juga menjadi buah favorit orang Jepang saat musim gugur. Ada dua jenis buah kesemek di Jepang, yaitu fuyu dan hachiya. Kesemek fuyu rasanya cenderung manis, sehingga bisa disantap langsung atau dibuat selai pendamping makan roti.

Sementara, kesemek hachiya cenderung masam dan akan dikeringkan selama beberapa minggu di bawah terik matahari. Setelah matang, teksturnya jadi seperti jeli dan rasanya manis.

9. Kabocha

Ilustrasi kabocha (unsplash.com/deviyahya)

Meski bisa ditemukan sepanjang tahun, konon kabocha atau labu Jepang ini paling nikmat dimakan saat musim gugur. Saat masih mentah, tekstur kabocha padat dan cenderung keras. 

Buah ini biasanya diolah dengan cara dikukus, direbus dengan kecap asin dan kaldu dashi, direbus dalam air, atau juga bisa dibuat tempura (digoreng dengan tepung). Teksturnya langsung jadi lembut dan rasanya cenderung gurih.

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Makanan Jepang Favoritmu dari Member TXT Pilihanmu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya