TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sudah Tahu 5 Fakta Tradisi Makan Ikan Herring Mentah di Belanda Ini?

Ada cara paling nikmat untuk mengonsumsinya, lho

Ilustrasi ikan herring mentah (unsplash.com/pauleinerhand)

Jika selama ini kita mengenal sashimi sebagai sajian ikan mentah khas Jepang, maka di Belanda ada ikan herring atau haring. Ikan ini juga dimakan tanpa dimasak atau melalui proses pematangan terlebih dahulu. 

Ikan herring sendiri merupakan sejenis ikan perairan dangkal dan banyak ditemukan di wilayah laut beriklim sedang, seperti di bagian utara Pasifik, Samudra Atlantik, Laut Baltik, dan lepas pantai barat Amerika Selatan. Stoknya pun akan melimpah menjelang akhir musim semi dan awal musim panas. 

Di Belanda sendiri, ada tradisi makan ikan herring mentah. Bahkan ada perayaannya lho, namanya Haring en Bierfeest di Vlaardingen.

Mau tahu seperti apa gambaran perayaannya? Di bawah ini lima fakta tradisi makan ikan herring mentah di Belanda yang perlu kamu ketahui.

1. Sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu

Ilustrasi ikan herring mentah (amsterdamwonderland.com)

Dilansir dari dutchreview.com, penangkapan ikan herring dalam skala besar di Belanda sudah dimulai pada Zaman Keemasan atau Golden Age (sekitar abad ke-70 sampai 18 SM).

Sedangkan, tradisi makan ikan herring atau hollandse nieuwe (sebutan untuk ikan herring mentah di Belanda) sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Ikan herring mentah menjadi makanan favorit tidak hanya orang Belanda, tetapi juga para turis yang datang ke Negeri Oranye tersebut.

Bulan Juni merupakan bulan perayaan bagi pecinta ikan herring. Sebab, pada bulan tersebut, hollandse nieuwe sudah siap disajikan untuk para para penggemarnya.

2. Ikan herring direndam air garam dalam waktu lama

Ilustrasi merendam ikan herring (honest-food.net)

Sesuai dengan standar hollandse nieuwe, ikan herring mentah tetap akan diolah dengan metode gibbing. Ikan akan dibersihkan terlebih dahulu bagian kepalanya.

Khusus untuk bagian hati dan pankreasnya dibiarkan tetap ada karena diyakini membuat rasa ikan lebih nikmat. Ikan herring dimasukkan ke dalam tong kayu dan direndam dalam larutan air garam yang sangat asin dalam jangka waktu yang cukup lama.

Setelah dianggap cukup, ikan pun dikeluarkan dari dalam tong dan dibersihkan secara menyeluruh. Kulitnya dan beberapa bagian tulang yang keras dibuang sehingga menyisakan bagian yang lunak.

For your information, ikan herring hanya dapat dinamakan hollandse nieuwe jika mengandung persentase lemak tertentu (setidaknya 16 persen) dan dibersihkan atau diolah dengan cara tradisional atau gibbing yang berlaku di Belanda.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Asin di Indonesia yang Enak dan Banyak Disukai

3. Ada acara pelelangan ikan herring sebelum dijual bebas

Ilustrasi penjual ikan (Pexels.com/Francesco Ungaro)

Sebelum dijual bebas, biasanya akan ada acara pelelangan ikan herring secara tradisional yang disebut sebagai Vlaggetjesdag atau Hari Bendera. Acara ini sudah ada sejak 1947 meski tradisi mengonsumsi ikan herring sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Hasil lelang tersebut akan disumbangkan untuk kegiatan amal. Sehari setelah pelelangan, musim ikan herring pun dimulai.

Scheveningen biasanya menjadi tempat pertama untuk pelelangan ikan herring. Bahkan simbol kota tersebut adalah tiga ekor ikan herring, lho.

4. Tempat-tempat yang menjual ikan herring

Ilustrasi ikan herring mentah (unsplash.com/dulhiier)

Saat musim ikan herring, ikan ini mudah ditemukan di berbagai penjuru tempat di Belanda, terutama di Scheveningen dan Rotterdam. Beberapa warga lokal mengatakan bahwa ikan herring paling nikmat biasanya dijual di gerobak pedagang kaki lima. 

Selain itu, juga bisa membeli di toko-toko ikan atau seafood yang terpercaya. Tidak dianjurkan membeli ikan herring di supermarket karena biasanya sudah terlalu lama disimpan.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan yang Biasa Dijadikan Ikan Asap, Ada Favoritmu? 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya