TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Memesan Makanan di Marugame Udon buat Pemula, Gampang Banget!

Biar gak menimbulkan antrean panjang karena bingung

Potret makanan di Marugame Udon (instagram.com/marugameudon)

Marugame Udon merupakan salah satu restoran Jepang yang menyajikan beragam sajian udon dan tempura autentik yang menggugah selera. Uniknya, restoran ini mengusung konsep open kitchen, sehingga pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatan makanannya. Dijamin fresh dan tampak lebih menggiurkan, deh!

Jika kamu baru pertama kali ke Marugame Udon dan masih bingung bagaimana cara memesan menu-menu di sana, simak ulasannya di bawah ini, yuk! Gak akan bengong saat memesan, deh!

1. Kunjungi gerai Marugame Udon terdekat

Potret salah satu gerai Marugame Udon (instagram/marugameuk)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah datang ke gerai Marugame Udon terdekat dari tempat tinggalmu. Melansir dari laman resmi Marugame Udon, hingga saat ini, sudah ada sekitar 123 gerai yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Secara umum, gerai-gerai tersebut ada di dalam mall atau pusat berbelanjaan dan eksteriornya selalu khas. Saat hendak masuk ke sana, kamu bisa melalui jalur antrean yang disediakan. 

2. Ambil nampan dan baca daftar menu yang disajikan

marugame udon (instagram.com/marugameudon)

Saat mulai mengantre, kamu bisa langsung mengambil tray atau nampan yang disediakan di depan. Nampan tersebut nantinya akan kamu gunakan untuk membawa semua pesananmu dari meja pemesanan menuju meja makan. Ambil nampan secukupnya sesuai jumlah pesananmu nantinya, ya!

Selama di jalur antrean, kamu bisa melihat daftar menu yang ada di bagian atas. Di sana terdapat gambar, nama-nama, beserta harga menunya. Ada beragam jenis udon, tempura, menu nasi, menu anak-anak, minuman, dessert, menu ekstra, paket maru, hingga bento. 

3. Pesan menu makanan yang diinginkan

Marugame Udon (instagram.com/marugameudon)

Saat tiba giliranmu, petugas atau pelayan akan bertanya menu apa yang ingin kamu pesan. Jika masih bingung, kamu bisa bertanya kepada mereka tentang menu-menu yang enak atau best seller. Dengan senang hati mereka akan memberimu rekomendasi menunya.

Jika antrean cukup panjang, sebaiknya jangan terlalu lama memutuskan mau memesan apa, agar orang-orang yang antre di belakangmu tidak terlalu lama menunggu. Solusinya, kamu bisa browsing menu-menu Marugame Udon melalui internet sebelum datang ke sana. 

Makananmu akan segera dibuat setelah kamu memesannya. Pelayan biasanya akan bertanya apakah kamu mau mau add-on atau item tambahan, misalnya tamago (telur rebus) atau tori ball.

Kalau tidak bersedia, kamu bisa menolaknya. Jika sudah siap semuanya, pelayan akan menyerahkan pesananmu dan kamu bisa meletakannya di atas nampan.

4. Ambil menu pendamping

Potret Nori Tempura di Marugame Udon (marugameudon.co.id)

Selanjutnya, kamu bisa bergeser ke bagian menu pendamping. Ada beragam jenis menu yang bisa kamu pilih, seperti beef croquette, chicken katsu, chikuwa, ebi tempura, egg tempura, kakiage, skewered tofu roll, skewered shumai, nori tempura, gyoza, satsuma butter, chikuwa cheese, yakitori, dan koebi tempura.

Ambil salah satu atau beberapa menu pendamping yang kamu inginkan, kemudian letakkan di atas piring berbentuk persegi panjang yang disedikan di samping menu-menu tersebut. Sebaliknya, kalau tidak mau makan menu pendampin ini, kamu bisa skip dan langsung ke kasir.

Baca Juga: 10 Menu Makanan Jepang untuk Pemula, Siap-siap Dibikin Ketagihan!

5. Pesan minum dan bayar semua makanan di kasir

Ocha Marugame (marugameudon.co.id)

Saat sudah berada di depan meja pembayaran, kasir akan melihat semua pesananmu yang ada di nampan dan menghitungnya. Selanjutnya, ia akan bertanya kamu ingin memesan minuman apa. Ada ocha, lemon tea, air mineral, aneka jus, kopi, soft drink, infused water, dan milkshake.

Khusus untuk lemon tea dan ocha bisa diisi ulang atau refill. Kamu hanya akan mendapatkan gelas kosong saat memesan dua menu minuman ini karena nantinya bisa diisi sendiri dari dispenser.

Selain minuman, kamu juga bisa memesan dessert di kasir. Ada premium vanilla soft ice cream, mango yoghurt ice cream, mango vanilla ica cream, orange earl grey jelly, hokkaido milk pudding, dan japanese potato salad. 

Setelah minuman selesai dipesan dan diberikan ke kamu, kasir akan menyebutkan total harga yang harus dibayar. Kamu bisa membayarnya secara tunai atau nontunai, seperti QRIS, kartu debit, atau kartu kredit.

6. Ambil minuman dan beragam kondimen

Ilustrasi bawang goreng (vecteezy.com/Phacharasorn Mongkhonwikundit)

Setelah membayar dan sebelum duduk menikmati makananmu, kamu wajib mengambil beragam kondimen yang ditata di meja khusus. Ada irisan daun bawang, bawang goreng, irisan cabai rawit, kremesan tempura, shoyu, wijen, togarashi atau cabai bubuk, saus tempura, dan saus sambal.

Di meja tersebut, juga ada sendok, sumpit, dan dua dispenser berisi lemon tea dan ocha. Kalau memesan kedua minuman tersebut, kamu bisa mengambilnya di sini. Ambil semua secukupnya atau sesuai kebutuhanmu, ya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya