TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Camilan yang Baik untuk Ibu Pascalahiran biar Cepat Pulih dan Sehat

Stamina ibu juga tetap terjaga sembari meng-ASI-hi

Ilustrasi ibu sedang makan (unsplash.com/pablomerchanm)

Ibu-ibu yang baru saja melewati proses melahirkan perlu mendapat asupan makanan dan nutrisi yang baik untuk kesehatannya. Apalagi, tenaga ibu biasanya banyak terkuras untuk pemulihannya sendiri, sekaligus harus menyusui anaknya.

Supaya cepat pulih dan sehat, para ibu yang baru saja melahirkan disarankan menyantap makanan bergizi dan beberapa camilan pendamping. Penasaran apa saja? Simak 10 camilan yang baik untuk ibu pascalahiran di bawah ini, yuk!

1. Buah-buahan segar

Ilustrasi buah-buahan segar (unsplash.com/juliazolotova)

Buah-buahan harus menjadi camilan utama ibu-ibu setelah melahirkan. Misalnya buah pisang yang nutrisinya bisa menjaga kadar cairan dalam tubuh, mengandung serat untuk bantu pencernaan, serta menjadi sumber energi yang baik selama pemulihan.

Selain pisang, ibu melahirkan bisa ngemil buah naga, pepaya, melon, kiwi, mangga, semangka, jeruk, dan sebagainya.

2. Kurma

Ilustrasi kurma (unsplash.com/enginakyurt)

Ibu-ibu yang baru melahirkan disarankan mengonsumsi buah ini dalam jumlah ganjil (3, 5, 7, dan seterusnya). Sebab, kandungan gula alaminya akan membuat stamina tetap terjaga, terutama saat begadang menyusui. Selain itu, kandungan kalsium dan seratnya juga bisa membuat tulang makin kuat dan memperlancar pencernaan.

3. Biskuit

Ilustrasi biskuit (IDN Times/Umi Kalsum)

Biskuit biasanya mengandung banyak protein, kalsium, serat, karbohidrat, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin D yang baik untuk ibu pascalahiran. Nutrisi tersebut akan menjadi tenaga bagi ibu agar tetap strong.

4. Roti gandum

Ilustrasi roti gandum (pixabay.com/congerdesign)

Roti gandum telah terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Menjadikan roti ini sebagai camilan pascalahiran akan menjadi pilihan yang baik, mengingat fisik ibu yang belum terlalu kuat dan cenderung mudah lapar.

5. Granola bar

Ilustrasi granola bar (pexels.com/Annelies Brouw)

Granola bar mengandung serat, protein, lemak sehat, dan zat besi yang tinggi. Saat ini banyak granola yang dikemas praktis dan siap dimakan, seperti granola bar. Tak hanya baik untuk ibu, granola bar ini juga bisa memperlancar ASI, lho.

Baca Juga: 7 Resep Makanan ala Rachel Vennya sebagai Inspirasi Menu Sehari-hari

6. Oatmeal

Ilustrasi oatmeal dengan beragam topping (unsplash.com/margzu)

Oatmeal sebenarnya bisa disantap sebagai camilan di waktu-waktu tertentu, misalnya saat sarapan dan makan siang atau antara makan siang dan makan malam. Makanan ini juga bikin kenyang lebih lama jika dibandingkan dengan nasi.

7. Edamame

Ilustrasi edamame (pixabay.com/u_9vstifjx)

Edamame atau kedelai jepang merupakan salah satu jenis polong-polongan yang mengandung protein, serat, vtamin K, zat besi, dan antioksidan. Cukup direbus atau dikukus, edamame bisa langsung dijadikan camilan setelah melahirkan.

8. Ubi

Ilustrasi ubi (unsplash.com/louishansel)

Setelah melahirkan, biasanya ibu-ibu disarankan menyantap makanan yang bertekstur lembut. Salah satunya ubi. Bisa ubi cilembu, ubi ungu, ubi jalar, dan sebagainya. Ubi-ubi tersebut mengandung banyak vitamin yang bagus untuk memperlancar ASI dan kekebalan tubuh ibu.

9. Yoghurt

ilustrasi yoghurt (tastyoven.com)

Yoghurt mengandung protein yang dibutuhkan tubuh ibu setelah melahirkan. Makanan ini bisa dicampur dengan oatmeal, granola, atau buah-buahan segar, supaya manfaatnya makin maksimal.

Baca Juga: 10 Menu Makanan Mewah Sisca Kohl Usai Melahirkan, Mood Booster Banget!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya