TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Coffee Lovers, Ini 5 Tips Agar Minum Kopi Menjadi Lebih Sehat

#MasakItuGampang Boleh dicoba nih!

Pixabay/andrewlloydgordon

Kopi merupakan salah satu minuman favorit kebanyakan orang. Kopi biasanya diminum di pagi hari sebelum berangkat kerja atau sebelum beraktivitas untuk menghilangkan rasa kantuk. Setiap orang tentunya memiliki cara tersendiri dalam menikmati kopi.

Nah, berikut ini disajikan 5 tips menikmati kopi agar dapat memaksimalkan manfaat yang bisa kita dapat dari meminum kopi sehingga menjadi lebih sehat.

1. Minum segelas air putih terlebih dahulu

tokopuas.com

Banyak orang yang memulai hari dengan meminum kopi dan kemudian lupa untuk meminum air putih sehingga di sore hari mereka merasa dehidrasi. Oleh karena itu, pada pagi hari sebelum minum kopi di pagi hari lebih baik minum segelas air putih terlebih dahulu agar terhindar dari dehidrasi.

2. Kurangi pemanis buatan

hellosehat.com

Penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan dapat memicu terjadinya obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Oleh karena itu, pada saat kamu meminum kopi, cobalah untuk mengurangi jumlah pemanis buatan yang kamu masukkan atau kamu bisa meminum kopi tanpa pemanis buatan.

3. Tambahkan kayu manis atau bumbu lain

edition.cnn.com

Salah satu cara untuk mengurangi pemanis buatan adalah dengan menggunakan bumbu yang lain yang memiliki rasa manis. Kamu bisa menambahkan kayu manis, jahe, cengkeh atau rempah-rempah lain ke dalam kopi kalian. Bumbu tersebut akan meningkatkan rasa dan aroma kopi dan juga dapat meningkatkan asupan antioksidan ke tubuh.

4. Gunakan susu organik atau nabati

whatthenaturopathsaid.com

Jika kalian terbiasa menikmati kopi yang dicampur susu atau krim, mungkin setelah ini kalian bisa mengganti susu atau krim tersebut dengan susu atau krim organik atau nabati. Susu atau krim yang diproduksi secara organik mengandung lebih banyak nutrisi.

Sedangkan susu atau krim nabati adalah susu dan krim yang terbuat dari tanaman, seperti almond, mete, kedelai dan lainnya. Bahan nanbati tersebut memiliki kalori yang lebih rendah dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung.

Verified Writer

Emha

Yes!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya