TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tempat Makan Ramen Halal di Jepang, Gak Bikin Ragu Bersantap

Catat nama tempat dan lokasinya, yuk!

ilustrasi ramen halal di Jepang (unsplash.com/@isalopmon93)

Jepang sampai saat ini masih menjadi destinasi wisata terfavorit di dunia, termasuk oleh masyarakat Indonesia. Budayanya unik, tempat wisata seru, juga kuliner lezat jadi alasannya. Dan ramen, jadi makanan khas negara ini yang wajib kamu cobain. 

Eits, tapi wajib tahu kalau mayoritas restoran di Negara Sakura ini tak banyak yang muslim friendly, apalagi untuk makanan tradisionalnya. Namun tak perlu risau, berikut ini adalah tempat makan ramen halal di Jepang yang bisa dikunjungi. Rasanya dijamin lezat!

1. Halal Ramen Naniwaya

Halal Ramen Naniwaya (google.com/maps/Halal Ramen Naniwaya)

Halal Ramen Naniwaya cukup terkenal di kalangan warga muslim yang tinggal di Jepang. Pasalnya, mereka punya ramen dengan mi yang dibuat sendiri serta tak mengandung alkohol juga daging babi. Bahan-bahan yang digunakan selalu fresh dan mengutamakan memakai produk lokal. 

Ada banyak menu best seller di Halal Ramen Naniwaya, tapi salah satunya adalah special naniwaya ramen yang punya kuah bening tapi tetap kaya rasa. Uniknya lagi, di sini juga disediakan tempat salat, lho!

Alamat: 2 Chome-7-22 Nishishinsaibashi, Chuo Ward, Osaka, 542-0086, Jepang

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 12.00-21.30

2. Nikoniko Mazemen

Nikoniko Mazemen (google.com/maps/Nikoniko Mazemen)

Nikoniko Mazemen berlokasi cukup strategis, yakni hanya empat menit dari JR Akihabara Station dan sepuluh menit dari Masjid Nusantara Akihabara. Meski tempatnya tak besar, tapi mereka sudah beroperasi sejak 2021 dan dimiliki oleh seorang Muslim asal Srilanka yang pandai memasak.

Menu utamanya adalah ramen tipe mazeman yang memiliki banyak pugasan, tapi tanpa kaldu. Selain itu ada juga nasi kari ayam dengan kuah kental nan gurih, cocok dinikmati saat sedang lapar-laparnya. Termasuk restoran halal terkenal di Tokyo, jangan kaget kalau harus antre panjang sebelum bersantap, ya. 

Alamat: 2 Chome-15-1 Kanda Sudacho, Chiyoda City, Tokyo 101-0041, Jepang

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 11.30-15.00 dan 17.30-22.00  

Baca Juga: 5 Culture Shock bagi Kamu yang Pertama Kali Makan Ramen

3. Ayam-Ya Shin-Okachimachi

Ayam-Ya Shin-Okachimachi (google.com/maps/Ayam-ya Halal Ramen Tokyo)

Ayam-Ya Shin-Okachimachi sudah punya beberapa cabang di Jepang seperti Kyoto dan Tokyo. Untuk cabang Tokyo sendiri terletak tidak jauh dari Masjid Assalaam, jadi kamu bisa mampir makan di sini selepas ibadah. Apalagi mereka juga telah mengantongi sertifikat halal, bikin makin tenang saat bersantap. 

Kalau kamu pecninta pedas, menu spicy tori ramen shoyu mereka perlu dicoba. Disajikan dengan hangat, makin enak jika ditambah chicken kaarage. Sst... tak sedikit orang Indonesia yang pernah makan di Ayam-Ya Shin-Okachimachi ini!

Alamat: Jepang, 〒111-0041 Tokyo, Taito City, Motoasakusa, 3 Chome−10−3

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 11.30-14.30 dan 17.00-21.00  

4. Halal Sakura

Halal Sakura (google.com/maps/Amir Khan)

Halal Sakura sejatinya adalah restoran khas Uighur, sesuai dengan asal sang pemilik. Namun di sini juga termasuk restoran ramen halal di Jepang dan menu lainnya. Jadi cukup banyak pilihan makanan yang bikin kamu gak akan bosan sekalipun mampir setiap hari.

Banyak yang memuji rasa ramen, bahkan menyebut yang terenak. Kudapan ala Timur Tengah pun banyak pilihan, termasuk teh yang bikin hangat badan. Makin betah karena pemiliknya terkenal ramah lagi cekatan. 

Alamat: Jepang, 〒110-0003 Tokyo, Taito City, Negishi, 2 Chome−18−11

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 12.00-21.00

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya