TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Nasi Uduk Terenak di Jakarta, Lauknya Lengkap Bikin Kalap

Yang lagi diet, plis, jangan mampir

nasi uduk enak di Jakarta (instagram.com/nasiudukibusum_)

Siapa nih yang demen banget makan nasi uduk? Nasi yang dimasak dengan cara dikukus dengan santan, jahe, daun serai, dan aneka bumbu ini banyak dijajakan di Jakarta, baik sebagai menu sarapan atau makan malam. Bahkan beberapa warung nasi uduk terenak di Jakarta sudah buka puluhan tahun dan nyaris gak pernah sepi pembeli. 

Gak sekadar jual nasi dengan rasa gurih saja, biasanya nasi uduk dilengkapi dengan banyak lauk lengkap nan lezat juga. Seperti 7 warung nasi uduk di Jakarta ini, mulai dari aneka gorengan sampai sayur, semua ada! Kamu yang lagi diet, mending jangan dateng deh, takut kalap...

1. Nasi Uduk Pasar Thomas Cideng

Nasi Uduk Pasar Thomas (instagram.com/chefonflight)

Ini dia buat kamu yang suka lapar tengah malam atau baru pulang kerja malam dan ingin makan kenyang, Nasi Uduk Pasar Thomas bisa jadi tujuan. Sebelum pandemi, mereka buka tengah malam sampai jelang subuh, tapi kemudian bergeser mulai dari sore sampai jam 00.00. Walau begitu, bahkan sebelum buka saja warung ini sudah dipenuhi antrean. 

Nasi Uduk Pasar Thomas cocok banget nih buat kamu yang gak terlalu suka nasi yang keras karena teksturnya lebih lembek. Selain itu, makan nasi uduk di sini pakai bumbu kacang yang kental dan kamu bebas memilih lauk sebagai pelengkap. Gak cuma oseng tempe, tapi juga udang, ayam, dan kikil, siap menggoyang lidah. 

Alamat: Jalan Cideng Timur Nomor RT.14, RW.2, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Hari dan jam buka: dari hari Senin sampai Sabtu, jam 17.00 - 23.00

2. Nasi Uduk Yoyo

nasi uduk yoyo (instagram.com/priscilla_anais_)

Gak mudah memang menemukan Nasi Uduk Yoyo karena lokasinya tertutup oleh sebuah mall di kawasan Setiabudi. Walau begitu, soal rasa kamu gak perlu ragu karena termasuk penjaja nasi uduk legendaris di Jakarta. Lauk andalan yang wajib disantap sebagai teman makan nasi uduk adalah bola empal yang bertekstur renyah dan gurih. Apalagi jika dicampur dengan sambal, yummy!

Selain nasi uduk, mereka juga punya menu nasi ulam yang gak lain adalah makanan khas Betawi. Nasi ulam adalah nasi yang ditaburi dengan serundeng, lalapan, dan lauk yang bisa dipilih sesuai keinginan. Kalau berminat, kamu wajib datang pagi ya supaya menunya serba lengkap!

Alamat: Jalan Dogol Nomor 3, RT.3/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Hari dan jam buka: Senin sampai Sabtu, jam 07.30-20.00

3. Nasi Uduk Bu Amah

nasi uduk bu amah (instagram.com/vonnyeyd)

Nasi Uduk Bu Amah sudah buka sejak 1965. Meski lokasinya dalam gang dan tanpa papan nama besar, baru beberapa jam buka, sudah langsung habis, lho! Rasanya yang enak, dengan nasi uduk pera, dan sambal kacang dengan rasa daun jeruk yang lumayan kerasa, bikin nasi uduk ini nagih dan cocok banget untuk sarapan pagimu. 

Bicara soal menu andalan, pastinya nasi uduk dengan lauk ayam goreng yang bumbunya meresap sampai ke dalam. Ditambah dengan bawang goreng yang renyah, gak ada makanan lain yang bisa menggantikan. Apalagi, harga per porsinya mulai dari Rp10.000 saja, lho!

Alamat: Jalan Pengukiran II Nomor 6 H, RW.4, Pekojan, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Hari dan jam buka: Senin sampai Sabtu, jam 16.00 - 18.00

4. Nasi Uduk Kota Intan

nasi uduk kota intan (instagram.com/bemp777)

Rekomendasi nasi uduk enak di Jakarta yang berikutnya adalah Nasi Uduk Kota Intan. Lokasinya yang di pinggir jalan gampang sekali buat ditemukan dan nyaris selalu ramai, baik oleh pembeli langsung atau driver pesan antar makanan. Apalagi di jam jelang malam, kian ramai oleh mereka yang baru pulang kerja dan ingin mengisi perut dengan makanan tradisional nikmat. 

Kalau makan di Nasi Uduk Kota Intan, kamu wajib tenang. Lauk di sini super banyak, mulai dari tempe, telur, ayam, sampai bebek! Semua bebas di pilih dengan kisaran harga yang berbeda-beda. Eits, jangan lupa tumis kangkung yang menurut banyak orang enaknya nagih!

Alamat: Jalan Samanhudi depan GKI Samanhudi, RT.1/RW.8, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Hari dan jam buka: setiap hari, jam 17.00 - 22.30

5. Nasi Uduk Ibu Sum

nasi uduk mbak sum (instagram.com/bemp777)

Di kawasan Stasiun Kota memang berjejer warung tenda dengan aneka menu makanan. Namun kalau kamu bertanya apa yang legendaris dan selalu ramai, jawabannya adalah Nasi Uduk Ibu Sum. Saking terkenalnya, nasi uduk terenak di Jakarta ini pernah diliput oleh wartawan TV! 

Aneka lauk berjajar di meja dan siap untuk kamu pilih, mulai dari cumi cabai hijau, telur balado, kikil, dan yang jangan sampai terlewat adalah jengkol! Tenang, jengkol di sini gak bau, kok. Teksturnya juga empuk dan berpadu sempurna dengan nasi uduk juga kerupuk. 

Alamat: Jalan Kartini Raya Nomor 55, RW.3, Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Hari dan jam buka: Minggu sampai Jumat (Sabtu libur), jam 17.00 - 23.00

6. Nasi Uduk Gondangdia

nasi uduk gondangdia (instagram.com/cenjkt)

Warung nasi uduk terenak di Jakarta yang sudah buka sejak 1993 ini namanya Nasi Uduk Gondangdia. Lokasinya luas dan tempatnya yang bersih, bikin makan di sini jadi lebih santai dan nyaman. Dan yang unik adalah, nasi uduk di sini dibungkus dengan daun pisang yang membuat aromanya lebih khas. 

Dalam etalase, lauk pauk ditata rapi. Kamu tinggal tunjuk, mau tahu, telur puyuh, atau daging yang nanti akan digoreng dadakan. Jadi, makan nasi uduk dan lauk dalam keadaan hangat! Namun kalau bosan dengan yang digoreng, ada pilihan lele, ayam, atau ikan seperti gurame dan bawal yang bisa dibakar. 

Alamat: Jalan Cikini IV No.12, RT.15/RW.5, Cikini, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Hari dan jam buka: setiap hari, jam 10.00 - 23.00

Baca Juga: 5 Warung Pecel Paling Nagih di Jakarta, Cocok untuk Kuliner Malam

Verified Writer

Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya