TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Latte Art untuk Pemula yang Mudah dan Antigagal

Bisa menggunakan tusuk gigi

ilustrasi latte art (pixabay.com/sabuzak Kim)

Ketika memesan kopi di kafe, kamu pasti sering melihat barista yang membuat kreasi seni pada secangkir kopi. Nah, pembuatan kopi yang satu ini disebut latte art.

Bagi para pencinta kopi, latte art bukan hanya hiasan, melainkan ekspresi seni yang memikat hati. Namun, latte art harus dilakukan dengan teliti dan perlu latihan. Meski demikian, tak hanya barista profesional yang bisa membuat latte art, pemula pun bisa belajar membuatnya.

Berikut beberapa cara dan tips yang bisa kamu lakukan kamu membuat latte art. Serasa jadi barista profesional, deh!

1. Pilih susu yang tepat

Ilustrasi susu full cream (unsplash.com/@perfectcoding)

Kualitas susu sangat memengaruhi hasil latte art. Susu murni dan full cream yang menjadi pilihan terbaik, karena kandungan lemaknya yang tinggi, sehingga bisa membuat busa jadi lebih creamy dan stabil.

Bagi yang lebih menyukai susu rendah lemak atau alternatif nabati, bisa menggunakan susu almond atau oat. Namun, pastikan untuk memilih produk yang dirancang khusus untuk steaming.

2. Buat latte art yang sederhana

ilustrasi latte art (pixabay.com/sabuzak Kim)

Tips selanjutnya adalah membuat pola latte art yang paling sederhana, seperti bentuk hati, tulip, atau rosella. Pola yang simpel akan membuat seorang pemula bisa melakukannya dalam waktu singkat. Kamu juga bisa menggambar pola latte di atas kertas, supaya mendapatkan bayangan bentuk dan ukuran yang sesuai. 

3. Gunakan suhu yang tepat

Ilustrasi orang sedang membuat kopi (freepik.com/freepik)

Langkah penting dalam membuat latte art adalah menghasilkan tekstur susu yang sempurna. Proses steaming susu harus menghasilkan microfoam, yakni buih susu yang halus dan mengilap.

Nah, untuk menghasilkan buih, kamu harus memanaskannya hingga mencapai suhu 55 derajat Celsius. Pastikan tidak menguapkan susu terlalu panas, karena akan membuat rasanya gak manis, sehingga gak bisa menambah kekayaan rasa kopi. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Membuat Foam Milk Ini Bikin Latte Art Gagal

4. Teknik menuang yang benar

Secangkir kopi ekspreso yang diracik oleh barista di Stasiun Tawang Semarang. (IDN Times/Dok Humas Daop 4 Semarang)

Mengetahui teknik menuang menjadi kunci penting dalam membuat latte art. Mulailah dengan menuang susu secara perlahan dari ketinggian sekitar 5-10 cm untuk menggabungkan susu dengan espresso.

Setelah gelas hampir penuh, dekatkan pitcher ke permukaan kopi dan mulailah membuat pola dengan gerakan tangan yang stabil. Latih gerakan menggambar pola yang sederhana terlebih dahulu.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya