TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perbedaan Susu UHT dan Full Cream yang Perlu Kamu Tahu

Beda jenis, beda pula penggunaannya

Ilustrasi susu UHT dan full cream (unsplash.com/@anvision & unsplash.com/@perfectcoding)

Susu menjadi salah satu sumber nutrisi penting bagi tubuh kita. Selain itu, susu juga kerap digunakan untuk membuat berbagai minuman.

Dalam memilih jenis susu, kita sering dihadapkan pada berbagai pilihan. Dua jenis yang paling sering kita temui adalah susu UHT (Ultra High Temperature) dan susu full cream. Meskipun keduanya terlihat sama, tetapi sebenarnya perbedaannya cukup signifikan, lho. 

Nah, biar gak salah pilih, berikut lima perbedaan antara susu UHT dan susu full cream yang perlu kamu ketahui. Kira-kira mana yang paling sering kamu gunakan?

1. Proses pemanasan

Ilustrasi susu full cream (unsplash.com/@perfectcoding)

Proses pemanasan susu UHT menggunakan suhu yang sangat tinggi sekitar 135-145 derajat Celsius selama beberapa detik. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri, supaya masa simpannya lebih lama. 

Sedangkan, proses pemanasan susu full cream menggunakan suhu yang lebih rendah dibanding susu UHT. Biasanya dipasteurisasi pada suhu sekitar 72 derajat Celsius selama 15-30 detik untuk membunuh bakteri, sekaligus mempertahankan kandungan lemak di dalamnya supaya terasa lebih creamy.

2. Kandungan lemak

Ilustrasi susu UHT (unsplash.com/@anvision)

Kandungan lemak dalam susu UHT cenderung lebih rendah daripada susu full cream. Susu UHT sering menjadi pilihan bagi orang yang ingin mengurangi asupan lemak saat diet.

Sedangkan, susu full cream mengandung lemak yang tinggi, sehingga memberikan rasa creamy. Namun, kurang cocok bagi kamu yang sedang menjalankan diet. 

3. Jenis susu

ilustrasi berbagai jenis susu (freepik.com/wayhomestudio)

Susu UHT memiliki beberapa jenis. Ada yang dari produk hewani dan ada yang plant based, seperti kedelai, almond, gandum, macadamia, dan lain-lain. Nah, susu full cream hanya berasal dari produk hewani, seperti sapi, unta, kambing, dan lain-lain. 

Baca Juga: 5 Tips Memasak Kuah Susu untuk Makanan Gurih agar Tidak Enek

4. Rasa susu

ilustrasi susu cair (pexels.com/Bamusiime Sylvia)

Rasa susu UHT biasanya lebih ringan dan sedikit berbeda dibandingkan susu segar. Kalau susu full cream, rasanya lebih creamy dan "berat" dibandingkan susu UHT.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya