TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Perbedaan Kari Jepang dan Kari India, Kamu Suka yang Mana?

Kari india identik dengan warna-warna yang lebih cerah

Potre kari jepang dan kari india (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Intinya Sih...

  • Kari India identik dengan warna-warna cerah seperti kuning, merah, dan oranye.
  • Kari Jepang menggunakan mentega dan tepung sebagai pengental, memberikan tekstur creamy.
  • Aroma kari India kuat dan kompleks karena penggunaan berbagai rempah seperti jintan, ketumbar, dan kapulaga.

Kari merupakan hidangan berempah yang kaya rasa dan aroma, populer di berbagai negara dengan variasi yang unik. Selain Indonesia, dua negara yang terkenal dengan hidangan kari adalah Jepang dan India.

Meskipun keduanya sama-sama memiliki sajian kari, tetapi ada perbedaan signifikan dari bahan, warna, aroma, rasa, dan cara penyajiannya. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak beberapa perbedaan kari Jepang dan kari India berikut ini!

1. Bahan

ilustrasi santan (commons.wikimedia.org/S Sepp)

Kari Jepang menggunakan mentega dan tepung sebagai bahan pengental utamanya, yang memberikan tekstur creamy. Sedangkan, kari India biasanya menggunakan santan sebagai bahan pengental, sehingga memberikan rasa yang lebih kaya dan berlemak.

Namun, ada pula jenis kari India yang menggunakan yoghurt sebagai pengental. Tujuannya untuk menambah keunikan tekstur dan rasa karinya.

2. Warna

Potret kari jepang (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Kari Jepang cenderung berwarna lebih cokelat atau kuning kecokelatan. Di sisi lain, kari India identik dengan warna-warna yang lebih cerah, seperti kuning, merah, bahkan oranye. Warna tersebut didapatkan dari rempah-rempah, seperti kunyit, paprika, dan cabai.

3. Aroma

Potret sajian kari masala khas India (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Aroma kari Jepang biasanya lebih lembut dan manis dengan sentuhan wangi bawang bombay dan bumbu-bumbu sederhana, seperti jahe dan bawang putih. Sementara itu, kari India aromanya kuat dan kompleks. Hasil dari penggunaan berbagai rempah seperti jintan, ketumbar, dan kapulaga.

Baca Juga: Review Curry Up di ASHTA District 8, Sajikan Kari dari Berbagai Negara

4. Rasa

ilustrasi membuat saus kari (pexels.com/Katerina Holmes)

Kari Jepang terkenal dengan rasa yang lebih ringan, gurih, dan hangat. Sebaliknya, rasa kari India lebih gurih yang lebih kuat, pedas yang khas, dan menyengat di lidah. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya