TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Jenis Saus yang Cocok untuk Seafood, Maksimalkan Cita Rasa Masakanmu

Kamu suka saus yang pedas, asam, atau manis?

Ilustrasi seafood (Pixabay.com/ShenXin)

Intinya Sih...

  • Saus asam manis cocok untuk udang, cumi, dan kerang dengan sensasi segar dan seimbang.
  • Saus tiram identik dengan kerang dan cumi-cumi, memberikan sentuhan rasa yang memikat.
  • Saus padang cocok untuk kepiting dan kerang dengan rasa pedas yang menggigit.

Seafood menjadi hidangan yang sering disajikan dengan berbagai jenis saus untuk menambah kelezatannya. Kamu bisa menikmati aneka seafood, seperti udang, cumi, kerang, ikan, hingga kepiting.

Ada banyak makanan yang terbuat dari bahan dasar seafood. Tentunya dengan menggunakan bumbu dan pilihan saus yang nikmat. Ada berbagai pilihan saus yang cocok untuk seafood.

Ada apa saja, ya? Berikut tujuh jenis saus yang paling cocok dipadukan dengan seafood favoritmu. 

1. Saus asam manis

ilustrasi saus asam manis (pixabay.com/Tjena)

Saus asam manis menjadi pilihan klasik yang rasanya tidak pernah gagal. Dengan perpaduan rasa asam dan manis ini bertekstur kental. Sensasi rasanya menyegarkan dan seimbang, cocok untuk dimasak dengan udang, cumi, dan kerang. 

2. Saus tiram

ilustrasi saus tiram (freepik.com/freepik)

Saus tiram rasanya manis dan asin yang didapat dari garam serta karamelisasi gula. Saus yang bertekstur kental dan berwarna hitam ini identik dengan olahan kerang dan cumi-cumi. Selain itu, saus tiram sering digunakan dalam masakan tumisan, memberikan sentuhan rasa yang memikat.

3. Saus padang

ilustrasi cumi saus padang ala rumahan (pixabay.com/samalegre)

Saus padang terkenal dengan rasanya yang pedas dan berempah. Terbuat dari campuran cabai, bawang merah, bawang putih, dan berbagai rempah lainnya, saus ini teksturnya sedikit kental dengan warna oranye kemerahan. 

Saus padang cocok untuk semua jenis seafood, terutama kepiting dan kerang. Rasa pedasnya yang menggigit akan meningkatkan kenikmatan seafood. 

4. Saus mentega

Ilustrasi saus mentega (pixabay.com/birte)

Sesuai namanya, saus mentega terbuat dari mentega yang dilelehkan dan dicampur bawang putih, serta bumbu lainnya. Saus ini teksturnya lembut.

Rasa gurih mentega yang khas membuat saus ini sangat cocok disajikan bersama udang, cumi, atau lobster. Saus mentega memberikan sentuhan spesial dan memanjakan lidah pada hidangan seafood. 

Baca Juga: 6 Tempat Makan Seafood di Mataram, Rasanya Juara dan Harga Terjangkau

5. Saus lada hitam

Potret kepiting saus lada hitam (pixabay.com/cegoh)

Saus lada hitam menawarkan rasa pedas yang tajam dan aroma yang khas. Terbuat dari lada hitam yang digiling kasar, saus ini biasanya dicampur dengan kecap dan bahan lainnya, untuk menciptakan perpaduan rasa seimbang antara pedas dan gurih.

Teksturnya yang sedikit kental dengan butiran lada hitam memberikan sensasi tersendiri saat dinikmati. Saus lada hitam sangat cocok untuk seafood seperti cumi dan kepiting.

6. Saus telur asin

ilustrasi saus telur asin (pixabay.com/laustkehlet)

Saus telur asin memberikan rasa yang lebih gurih dan sedikit asin pada hidangan. Saus ini menggunakan kuning telur telur yang dihaluskan, lalu dimasak dengan susu atau krim kental, garam, merica, gula pasir, dan mentega. Teksturnya yang sedikit creamy memberi sensasi yang menarik saat dipadukan dengan seafood, seperti udang atau kepiting. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya