TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Festival Jajanan Bango 2023 Bakal Hadir di Jakarta dan Makassar

Festival kuliner pertama dengan pengalaman multisensori

Ilustrasi Festival Jajanan Bango (instagram.com/sltnlddn)

Kecap menjadi salah satu bumbu dapur untuk membuat rasa masakan menjadi lebih lezat. Rasanya yang manis tentu disukai berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Ada berbagai merek kecap manis di Indonesia, salah satu yang populer adalah Bango. Jika mendengar soal kecap Bango, mungkin kamu akan teringat dengan Festival Jajanan Bango. Ini merupakan festival kuliner yang bertujuan untuk melestarikan kuliner Indonesia. 

Festival Jajanan Bango (FJB) kembali hadir di tahun ini, tepatnya di Jakarta dan Makassar. Tahun ini, Festival Jajanan Bango menawarkan tema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Lantas, kapan jadwal Festival Jajanan Bango 2023, dan tema seperti apa yang akan ditawarkan? Melalui konferensi pers Kick Off Festival Jajanan Bango 2023 di Jakarta (3/10), simak dulu informasi mengenai Festival Jajanan Bango 2023 yang akan hadir di Jakarta dan Makassar berikut ini. 

1. Tanda perayaan 95 tahun perjalanan Bango

Konferensi Pers Festival Jajanan Bango 2023, Jakarta (Dok. IDN Times)

Festival Jajanan Bango 2023 menjadi tanda perayaan 95 tahun perjalanan Bango. Ari Astuti, Head of Marketing Nutrition Indonesia, PT Unilever Indonesia, Tbk., menyatakan ini juga menjadi bukti konsistensi Bango dalam menjaga kualitas, dengan penggunaan bahan-bahan alami terbaik dan proses pembuatan yang autentik.

Hingga kini, Bango menjadi kecap terbaik dan selalu menjadi andalan keluarga. Hal ini terlihat dari survei Kurious-Katadata Insight Center yang menunjukkan bahwa Bango merupakan merek kecap terfavorit pilihan 80,5 persen masyarakat Indonesia.

2. Festival Jajanan Bango sudah ada sejak 2005

Ilustrasi sajian dari kecap Bango (Dok. IDN Times)

Festival kuliner juga menjadi bukti konsisten menjalankan misi melestarikan kuliner nusantara, salah satunya melalui pelaksanaan Festival Jajanan Bango sejak 2005.

Dalam acara ini, pengunjung bisa mengeksplorasi kelezatan aneka hidangan autentik yang disajikan para kuliner legendaris, dari Sabang hingga Merauke, terutama yang menggunakan kecap manis sebagai culinary gem asli Indonesia.

Baca Juga: 7 Sayur Pendamping Ayam Kecap yang Bikin Makan Makin Lengkap

3. Hadir dengan tema dan pengalaman yang berbeda

Ilustrasi menikmati makanan (Dok. IDN Times)

Di Festival Jajanan Bango 2023, ada sesuatu yang berbeda. Tahun ini hadir dengan tema 'Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara.' Bango akan memberikan pengalaman multisensori dalam bentuk galeri yang menonjolkan berbagai pesona kuliner nusantara. Menggunakan teknologi imersif yang memanjakan kelima indera.

Dengan adanya pengalaman ini, para pencinta kuliner akan semakin antusias untuk menikmati aneka sajian yang tersedia, dan akan lebih mengapresiasi makanan sebagai sebuah mahakarya yang patut dilestarikan.

4. Munculnya istilah culinary gem

Ilustrasi iga bakar (Dok. IDN Times)

Dalam konferensi pers kick off Festival Jajanan Bango 2023, hadir Co-Founder Dari Halte ke Halte, Bowo, komunitas pemberi rekomendasi kuliner Indonesia, turut berbagi mengenai istilah culinary gem. 

Ia menyatakan bahwa istilah culinary gem ini muncul karena minat millennials dan gen Z untuk bertualang kuliner kini semakin tinggi, termasuk berburu berbagai kuliner autentik dari mancanegara.

Culinary gem atau pusaka kuliner merupakan cerminan sejarah, identitas, tradisi, dan kearifan lokal yang unik dan tak lekang waktu. Selain menjembatani masyarakat dengan akar budaya, culinary gem juga menjadi alat untuk mengenalkan jati diri sebuah negara pada dunia.

Contoh negara yang sukses melakukannya antara lain Jepang dengan shoyu, Thailand dengan saus sriracha, dan Korea dengan saus gochujang. Alhasil, makanan ini semakin familiar di telinga dan lidah generasi muda.

Gak hanya itu, hadir juga Food Historian, Andreas Maryoto, menyatakan bahwa kita sudah sepatutnya bangga dengan Indonesia dan kecap manisnya, sebagai culinary gem asli Nusantara yang menyatukan kelezatan hidangan Indonesia dari generasi ke generasi.

Kecap manis sudah ada sejak abad ke-16, yang merupakan hasil akulturasi antara saus koechiap yang dibawa pedagang Tiongkok dengan gula jawa. Hingga kini, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki kecap bercita rasa manis, dilengkapi rasa nikmat dari proses fermentasi kedelai.

Karena keunikan ini, aneka hidangan nusantara yang menggunakan kecap manis telah mengharumkan nama bangsa di kancah dunia.

5. Kapan FJB 2023 hadir di Makassar?

Konferensi Pers Festival Jajanan Bango 2023, Jakarta (Dok. IDN Times)

Festival Jajanan Bango 2023 akan menyambangi Makassar terlebih dahulu pada 7-8 Oktober 2023 di Parking Lot Phinisi Point, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Makassar dipilih karena memiliki predikat sebagai kota makan enak, yang memiliki begitu banyak kuliner ikonik yang menggugah selera, serta geliat pelestarian kulinernya juga terbilang sangat tinggi. FJB di Makassar akan menghadirkan sekitar 45 kuliner legendaris. 

Baca Juga: 5 Bumbu Ayam Bakar yang Bikin Kepincut, Gak Cuma Kecap!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya