TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Dessert Indonesia Paling Enak Versi Taste Atlas 2024

Dari manisnya klepon hingga segarnya es teler

Ilustrasi kue lapis (commons.wikimedia.org)

Siapa yang tak tergoda dengan kekayaan kuliner Indonesia? Selain hidangan utama, dessert atau makanan penutup khas Indonesia selalu berhasil menggoyang lidah para penikmatnya.

Baru-baru ini, Taste Atlas, situs yang mengulas dan memberikan penilaian terhadap hidangan khas dari berbagai negara, merilis daftar dessert terbaik dari Indonesia 2024. Dari manisnya klepon hingga segarnya es teler, dessert Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang memadukan rasa manis, gurih, dan segar.

Berbagai makanan penutup ini tidak hanya menawarkan kenikmatan rasa, tetapi juga menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi. Simak 10 dessert Indonesia terbaik versi Taste Atlas 2024 yang wajib kamu coba berikut ini!

1. Klepon

Ilustrasi klepon (pexels.com/Joseagush)

Klepon sebagai dessert berbentuk bola-bola ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi isian gula aren. Kulit luarnya biasanya berwarna hijau dari daun pandan dan disajikan dengan kelapa parut. Teksturnya kenyal dan rasanya legit.

2. Pisang goreng

ilustrasi pisang goreng (commons.wikimedia.org)

Pisang goreng merupakan makanan ringan sehari-hari yang umum disantap masyarakat Indonesia. Terbuat dari potongan pisang yang dilumuri adonan sebelum digoreng hingga berwarna keemasan. Gorengan yang satu ini bisa umumnya dijual di warung pinggir jalan atau kaki lima. 

3. Kue putu

Ilustrasi kue putu (commons.wikimedia.org)

Kue putu biasanya dijual para pedagang kaki lima. Kue kukus ini terbuat dari tepung beras ketan yang diberi rasa dan pewarna daun pandan. Umumnya berwarna hijau, tetapi ada juga yang berwarna putih. 

Adonan kue putu secara tradisional dikukus dalam tabung bambu, lalu bagian tengah kue diisi dengan gula aren. Setelah dikukus, kue ini biasanya ditaburi kelapa parut. 

4. Odading

Odading merupakan jajanan tradisional yang dibuat dengan campuran tepung terigu, ragi, telur, garam, dan gula. Setelah diolah, adonan dibiarkan mengembang hingga dua kali lipat. Kemudian, adonan digoreng dalam minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan.

Biasanya, odading ditaburi wijen di atasnya. Jajanan ini akan terasa lembut di dalam dan renyah di luar jika diolah dengan benar. Odading dapat ditemukan di food court, kantin, ata pedagang kaki lima.

5. Dadar gulung

ilustrasi dadar gulung (vecteezy.com/Tyas Indayanti)

Dadar gulung terbuat dari adonan tepung beras yang diisi dengan parutan kelapa. Adonan pancake tradisional ini diberi daun pandan yang menambah rasa dan memberi warna hijau cerah.

Beberapa varian dadar gulung modern biasanya menggunakan pewarna makanan sebagai gantinya. Saat dipanggang, dadar gulung ini diisi dengan kombinasi parutan kelapa, kayu manis, dan gula aren. 

6. Es teler

Ilustrasi es campur (freepik.com/Edgunn)

Es teler merupakan dessert menyegarkan yang biasanya terdiri dari nangka, alpukat, kelapa, kental manis, sirup, dan es serut. Biasanya es teler disajikan dalam mangkuk dan dinikmati dengan sendok, sehingga bisa mengambil isiannya dengan mudah. 

Baca Juga: Jakarta Dessert Week 2024 Bakal Hadir Akhir September, Ini Jadwalnya!

7. Kue lapis

Ilustrasi kue lapis (commons.wikimedia.org)

Kue lapis terbuat dari tepung beras, sagu, gula, garam, santan, dan pewarna makanan merah, hijau, atau merah muda. Kue ini dikukus dan hasil akhirnya terlihat seperti puding berlapis.

Sebelum dipotong dan disajikan, kue lapis harus dibiarkan dingin. Jika diolah dengan benar, tekstur makanan penutup ini akan kenyal dan lengket, tetapi terasa sangat lembut di lidah.

8. Lapis legit

Lapis legit (commons.wikimedia.org)

Lapis legit terdiri dari 18 hingga 30 lapisan. Terbuat dari kuning telur, gula, tepung, mentega, serta rempah-rempah seperti pala, cengkih, dan kayu manis. Berbeda dengan kue lapis, makanan yang satu ini bertekstur lembut dan padat.

9. Kue cucur

ilustrasi kue cucur (commons.wikimedia.org)

Kue cucur terbuat dari campuran gula aren, tepung beras, dan santan yang dicetak, lalu digoreng hingga renyah. Adonan dari camilan manis ini biasanya diolah dengan cara diratakan bagian tepinya, sehingga bagian tengahnya tetap tebal.

Kue ini sebaiknya disajikan saat hangat atau pada suhu ruangan. Jika tidak, kue cucur akan menjadi lengket dan kaku.

10. Klappertaart

Salah satu oleh-oleh khas Manado, klappertaart. IDNTimes/Savi

Klappertaart biasanya dibuat dengan campuran kelapa parut, telur, tepung, gula, mentega, susu, vanili, kayu manis, garam, dan kismis. Bahan-bahan tersebut dicampur untuk membentuk adonan.

Setelah itu, adonan tersebut ditempatkan ke dalam wadah tahan panas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi gula. Biasanya diberi topping beberapa kismis.

Kemudian, dipanggang di bagian bawah oven hingga kulitnya berwarna cokelat keemasan. Sebelum disajikan, klappertaart ini sering ditaburi bubuk kayu manis.

Itulah daftar dessert Indonesia terbaik versi Taste Atlas 2024. Dari sepuluh kue atau dessert di atas, yang mana favoritmu?

Baca Juga: [QUIZ] Dari Dessert Terenak di Dunia Ini, Kami Bisa Tebak Karakter Aslimu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya