TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Manfaat Kesehatan di Balik Rasa Pahit Daun Pepaya

Pahit tapi penuh manfaat bagi tubuh

unsplash.com/Vannrith Va

Pepaya merupakan buah yang disukai oleh banyak orang. Berbanding terbalik dengan buahnya, daun pepaya dibenci banyak orang. Karena rasanya yang pahit, banyak yang menolak untuk mencicipinya.

Namun siapa sangka di balik rasa pahitnya, daun pepaya justru memiliki sejuta manfaat. Seolah menutupi kelemahannya yang berasa pahit, daun pepaya memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan yang jarang diketahui.

Nah berikut 9 manfaat tersembunyi dari daun pepaya bagi kesehatan. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Dapat mencegah emfisema

healthline.com

Emfisema merupakan penyakit yang berhubungan dengan kerusakan pada kantong udara dalam paru-paru. Daun pepaya memiliki manfaat yang berkaitan dengan penyakit ini. Daun pepaya banyak mengandung vitamin D yang dapat mencegah terjadinya penyakit emfisema yang berhubungan dengan paru paru.

2. Membantu memperlancar pencernaan

aarp.org

Selain berguna untuk terapi emfisema, daun pepaya juga memiliki manfaat lain yang berkaitan dengan pencernaan. Enzim papain terkandung pada daun pepaya, dapat membantu dalam pencernaan protein. Hal ini meninjukan bahwa daun pepaya mampu untuk mengobati gangguan pencernaan. Daun pepaya juga dapat membantu mencerna gluten protein gandum, yang terjadi bagi sebagian orang, yang dikenal sebagai penyakit celiac atau penyakit autoimun.

Baca Juga: 5 Khasiat Pepaya untuk Kesehatan Kulit, Gak Cuma Enak Dimakan

3. Dapat meningkatkan trombosit

medicalexpress

Trombosit merupakan salah satu sel darah yang berperan dalam proses pembekuan darah ketika terjadi perlukaan. Banyak hasil penelitian yang menunjukan daun ‘pahit’ pepaya sangat efektif dalam meningkatkan jumlah trombosit secara cepat. Terutama untuk kasus kekurangan vitamin, kemoterapi sedang, demam berdarah dan banyak lagi.

4. Mengurangi nyeri haid

1health.id

Tak cukup sampai di situ, daun pepaya juga bermanfaat bagi perempuan. Para perempuan sejak dahulu memanfaatkan daun pepaya untuk permasalahan ini. Jus daun pepaya sangat efektif untuk mengurangi nyeri haid. Caranya dengan merebus beberapa ambil 1 daun pepaya, tambahan asam jawa dan garam, campur dengan segelas air dan didihkan. Minumlah ramuan ini pada saat datang bulan.

5. Sifat anti kanker

medicalnewstoday.com

Hal yang lebih menakjubkan lagi dari daun pepaya adalah memiliki sifat anti kanker. Berdasarkan hasil penelitian, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang memiliki sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru- paru dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker.

6. Menghambat pertumbuhan bakteri

livescience.com

Daun pepaya juga memiliki khasiat yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan kamu bisa bebas dari kuman penyakit. Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri.

7. Meningkatkan imunitas tubuh

trubus.id

Ketika sistem kekebalanmu sedang menurun, daun pepaya bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan imunitas tubuhmu. Daun pepaya akan secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C dan E yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

8. Anti malaria

m.jitunews.com

Daun pepaya telah ditemukan memiliki sifat anti malaria juga. Dengan demikian, jus daun pepaya sering digunakan di beberapa bagian dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

Baca Juga: 5 Manfaat Ajaib Buah Pepaya, Mencegah Kanker Hingga Sembelit!

Verified Writer

Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya