TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kuliner di Kyoto yang Jadi Favorit Warga Lokal

Favoritnya warga lokal

ilustrasi Kyoto (freepik.com/ tawatchai07)

Menjelajahi Kyoto, kota bersejarah yang memesona di Jepang, tidak lengkap tanpa mencicipi kuliner lezatnya. Di balik kuil-kuil kuno dan taman yang indah, Kyoto menawarkan surga bagi para pecinta kuliner.

Bagi kamu yang ingin merasakan cita rasa lokal yang autentik, berikut lima restoran di Kyoto yang jadi favorit warga lokal.

1. Ukiya Pontocho

ilustrasi ukiya pontocho (instagram.com/ ukiya_kiyomizuten)

Di Ukiya, kamu bisa cicipi langsung soba buatan sang maestro yang sudah 40 tahun menggeluti bidangnya. Restoran ini sendiri berdiri sejak 1929.

Menu andalannya adalah ni hachi zaru soba, soba dingin dengan  dengan tempura. Mereka juga menawarkan paket menu seperti set tempura dengan nasi kecil atau set tempura campur.

Yang menarik, kamu bisa menambah soba atau lauk lainnya ke dalam menu set tersebut. Gak ketinggalan, ada uki soba, menu spesial Ukiya yang memadukan soba dengan natto dan telur mentah di atasnya. Penasaran?

2. Muteppou Honten

ilustrasi muteppu honten (instagram.com/ ko_fffu)

Sejak restoran pertama dibuka tahun 1998, popularitas Muteppou terus meroket, sampai-sampai sekarang cabangnya udah ada di luar Jepang juga, lho. Menu wajib coba di sini tentu aja tonkotsu ramen mereka.

Mie khas Kyushu yang kenyalnya pas, disiram kuah kaldu yang dibuat dengan cara direbus pelan-pelan pakai tulang babi kualitas tinggi sampai sumsumnya meleleh. Kuahnya pun jadi gurih banget.

Untuk seporsi ramen ini udah dilengkapi 4 potong daging babi panggang yang tebal. Buat yang lagi lapar, pesan aja tonkotsu char siu ramen yang dagingnya dikasih 12 potong.

Serunya lagi, kamu bisa menyesuaikan pesananmu sesuai selera. Mau mienya lebih keras atau lembek, kuah kental atau encer, topping daun bawangnya banyak atau sedikit, semuanya bisa diatur.

Baca Juga: Review Beef Katsu Autentik Jepang di Gyukatsu Kyoto Katsugyu

3. Totoraku

ilustrasi totoraku (instagram.com/ totoraku_kyoto)

Pengen nikmatin seafood rice bowl terenak di Kyoto dengan harga bersahabat? Langsung aja ke Totoraku!

Restoran ini terkenal banget sama menu maguro nishoku don, yaitu rice bowl tuna 2 warna yang super menggoda. Selain harganya yang ramah di kantong, Totoraku punya rahasia lain di balik popularitasnya.

Kamu bisa pesan topping seafood tambahan dari menu rice bowl lain ke dalam maguro nishoku don kamu, biar makin kaya rasa.

Dengan lebih dari 30 jenis rice bowl, kombinasi topping yang bisa kamu buat di Totoraku hampir gak terbatas. Serunya lagi, kamu bisa pesan topping seafood terpisah dari rice bowl-nya dengan harga yang lebih murah. Pas banget buat kamu yang pengen cobain seafood lain tanpa perlu nasi tambahan.

4. Kashiwai

ilustrasi kashiwai (instagram.com/ kashiwai_tsumamisushi)

Restoran ini gak cuma menawarkan sushi yang enak, tapi juga tampil secantik kue-kue Jepang. Paket sushi mini mereka berisi 15 potong sushi yang disusun rapi dalam kotak kayu bersekat.

Buat yang pengin makan siang mewah, mereka juga punya menu kosu alias menu set dengan hidangan utama daging. Nah, kalau kamu tim sarapan, Kashiwai punya menu unik yaitu asa no tamatebako.

Menu set ini berisi 9 macam isian yang bisa kamu mix and match sendiri untuk bikin onigiri sesuai selera. Selain itu, ada juga asa no tumami sushi, yaitu set sushi mini khusus sarapan dengan 8 potong sushi.

Belum kenyang? Tenang, Kashiwai juga punya banyak pilihan makanan take away yang bisa kamu pesan lewat online store mereka.

5. Mameya-Genzo

ilustrasi mameya-genzo (instagram.com/ mameyagenzo)

Mameya-Genzo menempati bangunan khas Kyoto yang dulunya adalah rumah teh. Ada ruang makan di lantai dasar dan 3 ruang tambahan di lantai atas. Uniknya, selain kursi biasa, kamu juga bisa memilih ruang tatami untuk merasakan pengalaman bersantap gaya Jepang yang sesungguhnya.

Menu andalannya adalah set makan siang tahu. Seporsi berisi hot pot berisi tahu yang dimasak lembut dan aneka lauk pendamping yang cantik dan menggugah selera.

Gak cuma itu, mereka juga punya menu kosu alias menu lengkap berupa kamogawa dan takasegawa, serta hot pot putih (shiro nabe) dan hot pot bebek (kamo nabe) yang cocok untuk menghangatkan badan di musim dingin.

Menjelajahi kuliner Kyoto adalah pengalaman yang tak terlupakan. Dengan mengunjungi restoran-restoran favorit warga lokal ini, kamu dapat merasakan cita rasa autentik Kyoto dan membawa pulang kenangan indah.

Baca Juga: 5 Tempat Melihat Sakura di Kyoto—Jepang, Indahnya Tak Terkira!

Verified Writer

Auliasari Citra Syamsura

Creative writer | Data Analyst

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya