TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Street Food yang Wajib Kamu Cobain Saat Berkunjung ke India

#MasakItuGampang Selama 6 bulan di India, saya tak pernah sakit perut karena memakan jajanan pinggir jalan ini

Dok. Pribadi/Ari Cipta Gunawan

Sebelum berangkat untuk magang di India, banyak teman-teman penulis yang mewanti-wanti agar berhati-hati dalam banyak hal. Salah satunya adalah dalam urusan perut. "Jangan beli makanan di pinggir jalan. Nanti kamu sakit perut." Begitulah nasihat dari beberapa teman penulis.

Namun faktanya, selama 6 bulan terakhir saya tinggal di sini, saya tak pernah sekali pun mengalami gangguan pencernaan karena memakan jajanan pinggir jalan tersebut. Jadi sebelum kamu mempercayai apa kata orang, akan lebih baik jika kamu mencobanya sendiri.

Berikut penulis akan sedikit membahas tentang beberapa street food di India yang wajib kamu coba jika nanti berkesempatan mengunjungi India.

1. Aloo Tikki

Dok. Pribadi/Ari Cipta Gunawan

Secara harfiah berarti "kroket kentang". Aloo tikki terbuat dari kentang rebus yang dihaluskan, kemudian digoreng. Kentang-rebus goreng tersebut kemudian diracik bersama dengan potongan cabai, bawang merah, lobak, serta bumbu-bumbu lainnya. Rasanya mirip rujak, dengan tekstur yang lebih padat.

2. Gol gappa atau pani puri

Dok. Pribadi/Ari Cipta Gunawan

Jika kamu pernah menonton film Dangal (2016), maka kamu akan merasa familier dengan kuliner yang satu ini. Ya, gol gappa atau pani puri (puri air) merupakan salah satu jajanan favorit di India. Terbuat dari puri (sejenis "roti kembung") yang dilubangi bagian atasnya. Kemudian ditambahkan potongan bawang merah, seledri, serta air atau kuah bumbu. Rasanya unik dan menyegarkan.

Untuk menikmati gol gappa, kamu mesti memakannya sekaligus dalam satu kali suap dan airnya mesti dihabiskan. Bukan kewajiban sih, tapi saat kamu makan dengan cara yang berbeda, maka bisa dipastikan orang-orang di sekelilingmu pasti akan menoleh.

3. Momo

Dok. Pribadi/Ari Cipta Gunawan

"Indian dumpling", dengan isian sayur (veg) atau daging ayam (non-veg), yang merupakan makanan khas dari daerah Assam, Darjeeling, dan Sikkim di India. Selain ditemui di India, hidangan ini juga dapat dijumpai di Nepal dan Tibet. Momo diyakini berasal dari Tibet dan disebarkan ke daerah lain di sekitar sana oleh para pedagang Tibet di masa lalu.

4. Pakora

Dok. Pribadi/Ari Cipta Gunawan

Gorengannya India. Terbuat dari sayuran, misalnya bayam, yang digoreng dengan tepung terigu. Dapat dimakan secara langsung atau dimakan dengan saus green chutney seperti pada gambar.

Meskipun terlihat mirip dengan gorengan di Indonesia, tetapi rasanya tidak seenak bala-bala, dkk. Teksturnya juga tidak terlalu garing. Namun jika kamu kangen gorengan dan malas masak sendiri, pakora ini bisa, kok dijadikan pengganti.

Verified Writer

Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya