TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Kreasi Croissant yang Dipadukan dengan Makanan Jepang, Unik!

Inovasi dalam dunia kuliner memang gak ada matinya, sih

ilustrasi croissant onigiri (instagram.com/madbaker.co)

Croissant  jadi satu dari banyak jenis pastry asal Prancis yang mendunia dan jadi favorit banyak orang. Pastry berbentuk bulan sabit yang renyah ini terasa gurih dan manis, sehingga cocok dijadikan teman minum kopi ataupun teh.

Meskipun croissant sudah enak dimakan begitu saja tanpa tambahan topping, tetapi inovasi dunia kuliner tampaknya menghendaki hal yang berbeda. Croissant kini justru kerap “dikawin silangkan” dengan makanan dari negara lain, seperti Jepang.

Memadukan croissant dengan sushi mungkin gak pernah terlintas di benak kita. Namun nyatanya, kreasi ini sukses mengundang perhatian. Selain itu, masih ada beberapa kreasi croissant yang dipadukan dengan makanan Jepang lainnya. Unik banget!

Baca Juga: Perbedaan Togarashi dan Furikake, Bumbu Tabur Makanan Jepang

1. Croissant taiyaki

ilustrasi croissant taiyaki (instagram.com/croissanttaiyaki_th)

Jepang memiliki kue tradisional unik bernama taiyaki yang identik berbentuk ikan. Taiyaki biasanya diisi pasta kacang merah, custard, cokelat, atau isian manis lainnya. Namun, untuk menambah keunikan taiyaki, hadirlah ide menggabungkan taiyaki dengan croissant.

Adonan croissant dibuat untuk menggantikan adonan taiyaki tradisional. Kemudian, adonan dicetak menggunakan cetakan berbentuk ikan dan diisi berbagai macam isian yang telah disebutkan sebelumnya.

Setelah matang, croissant taiyaki akan lebih renyah dengan balutan gula yang meleleh di luar. Sebuah sensasi untuk menyantap taiyaki dengan gaya baru, nih!

2. Croissant yakitori

ilustrasi croissant yakitori (instagram.com/lalevainsg)

Yakitori asal Jepang mirip dengan sate yang ada di Indonesia. Daging yang sudah dipotong kecil-kecil ditusuk dengan tusukan bambu, lalu dibakar sampai matang. Itu yakitori tradisional, ya. Sekarang ada yakitori baru yang justru menggunakan croissant sebagai bahan baku utamanya, lho!

Croissant yang belum dipanggang akan ditusuk menggunakan tusukan sate terlebih dahulu. Kemudian, dipanggang untuk menghasilkan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Setelah itu, croissant akan diolesi berbagai macam topping untuk menambah rasa.

Baca Juga: 5 Panduan Membuat Croissant dari Puff Pastry Instan

3. Croissant sushi

ilustrasi croissant sushi (instagram.com/spotdessertbar)

Apa yang ada dipikiranmu ketika mendengar kata sushi? Mungkin kebanyakan dari kamu akan membayangkan ikan mentah yang dibalut nasi dan rumput laut, lalu dicocol ke kecap asin atau wasabi untuk membuat rasanya semakin segar. Akan tetapi, pernahkah kamu membayangkan sushi dipadukan dengan croissant?

Nyatanya, kreasi makanan ini benar-benar ada, lho. Croissant yang biasanya diisi yang manis-manis justru diberi potongan salmon segar, wasabi, nori, dan wijen kering di dalamnya. Rasa makanan ini pun menjadi unik, karena ada rasa manis dari croissant serta rasa seafood yang kuat dari ikan.

Verified Writer

Alfadhylla Rosalina Wibisono

Nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya