TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Manis dan Segar, 5 Pencuci Mulut Khas Filipina Ini Wajib Kamu Coba

Gak kalah nikmat dengan dessert Thailand!

createwithcream.ph

Semakin hari, Bumi semakin panas. Kebutuhan akan minuman yang menyegarkan pun semakin tinggi.

Kamu mungkin sudah akrab dengan pelepas dahaga khas Indonesia seperti es teler atau es sarang burung. Beberapa tahun lalu, kita juga sudah dikenalkan dengan es campur khas korea yaitu pat bing soo. Di tahun 2017, hidangan pencuci mulut ala Thailand seperti Thai mango, Thai sticky rice, atau Thai tea pun sangat digilai.

Nah, sudah saatnya nih kamu mencoba rasa baru. Negara tetangga kita, Filipina punya segudang menu dessert yang wajib banget untuk dicoba.

1. Halo-halo

huffingtonpost.com

Di telinga Indonesia, kata halo-halo identik dengan judul lagu. Di Filipina, kata ini berarti aduk-aduk. Memang halo-halo adalah hidangan penutup yang dimakan dengan cara diaduk-aduk terlebih dahulu.

Isi halo-halo bisa bermacam-macam dan disesuaikan dengan selera. Biasanya terdiri dari kacang merah, kolang-kaling, nangka, agar-agar, sagu mutiara, nata de coco, ubi, keju, leche flan (puding khas Filipina), susu kental manis, dan es krim. Meski tidak wajib ada, namun penggunaan es krim berbahan ubi ungu sudah seperti ciri khas dari halo halo. Warnanya yang ungu cerah sering menarik perhatian orang yang masing asing dengan kuliner Filipina.

2. Sago’t Gulaman

Instagram.com/yourfoodtographer

Minuman dingin ini kurang lebih sama dengan perpaduan unik antara es cincau hitam, jus buah, dan bubble tea. Tiga bahan utama dari sago’t gulaman adalah agar-agar, sirup buah, dan sagu mutiara atau bola-bola tapioka.

Rasa dan warna dari minuman ini disesuaikan dengan selera. Para penjual sago’t gulaman di Filipina biasanya menggunakan agar-agar dan sagu mutiara tawar dengan sirup gula merah yang diberi aroma pisang.

3. Ginataan

food52.com

Secara harfiah, ginataan berarti makanan yang terbuat dari santan. Memang ginataan adalah sebutan untuk makanan yang dimasak dengan santan entah baik itu asin atau manis.

Ginataan dalam bentuk dessert memiliki beberapa versi, antara lain adalah ginataan halo-halo yaitu kudapan yang berbahan dasar sagu mutiara, talas, ubi, pisang, dan santan. Ada pula ginataan bilo-bilo yang didominasi ketan putih. Versi terakhir adalah ginataan mais yang menggunakan jagung manis sebagai bahan utamanya.

4. Mai Con Hielo

angsarap.net

Dalam bahasa spanyol, mai con hielo berarti jagung dengan es. Seperti namanya, kudapan ini memang berbahan dasar jagung dan es serut. Gula dan susu ditambahkan untuk memberi rasa manis dan creamy.

Kalau kamu doyan dengan jajanan jagung susu keju, pasti kamu juga suka mai con hielo. Bisa dibilang ini adalah versi dingin dan menyegarkan dari jagung susu keju.

Verified Writer

Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya