TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Serba-serbi Pasembur, Makanan khas Malaysia yang Mirip Gado-gado

Salad dari Malaysia yang awalnya dibuat orang India muslim

Ilustrasi pasembur (vecteezy.com/budisetiawan)

Tidak dipungkiri Malaysia punya berbahai makanan yang sama dengan Indonesia, sebut saja rendang, kue-kue basah, kue bingka, laksa, rujak, dan lainnya.

Pernahkah kalian terpikir bahwa gado-gado pun punya kembaran di Malaysia? Ya, makanan bernama pasembur ini seperti gado-gado khas Indonesia. Pasembur adalah kuliner khas Malaysia yang terdiri dari sayuran, seafood, yang disiram dengan saus kacang kental yang manis dan gurih. Pasembur biasanya dimakan sebagai kudapan atau hidangan pembuka.

Pedagang makanan ini kebanyakan adalah orang India di Malaysia karena memang makanan ini asalnya dibuat oleh orang India muslim di Malaysia. Nah, kalian yang mau berwisata kuliner di Malaysia, harus tahu nih trivia menarik dari pasembur. Apa saja? Simak artikel berikut ini, ya!

1. Kambaran gado-gado dari Negeri Jiran Malaysia

Ilustrasi pasembur (commons.wikimedia.org/L.Joo)

Jika di Indonesia ada gado-gado, di Malaysia ada 'salad' bernama pasembur. Makanan ini mirip dengan gado-gado karena terdiri dari aneka sayuran dan siraman saus kacang yang manis-pedas.

Bedanya, jika gado-gado menggunakan tempe, tahu, dan telur; pasembur menggunakan seafood dan telur sebagai sumber proteinnya. Pasembur juga tidak menggunakan selada seperti gado-gado di Indonesia.

Sausnya pun berbeda cita rasa dan tekstur. Saus kacang pasembur punya tekstur yang tidak terlalu kasar dan lebih kental serta ada campuran asam jawa yang bikin ada hint rasa asam pada saus pasembur.

2. Pertama kali dibuat oleh orang India Muslim

Ilustrasi pasembur (commoms.wikimedia.org/L.Joo)

Pasembur juga dikenal dengan nama Indian rojak atau rojak mamak. Dinamakan demikian karena pencetus pertama kali pembuatan pasembur adalah orang India muslim di Malaysia yang disebut dengan 'mamak'. Para mamak ini meracik kombinasi sayur dan saus kacang sedemikan rupa untuk dijual.

Dahulu makanan ini dijajakan secara kaki lima, tetapi sekarang menjadi salah satu makanan favorit yang bisa ditemui baik di pedagang kaki lima atau di restoran.

Walaupun dikatakan rojak, tetapi pasembur berbeda dengan rojak Malaysia. Rojak di Malaysia terdiri dari buah-buah segar yang disiram dengan saus yang manis. Namun, keduanya sama-sama bisa dimakan sebagai kudapan.

Baca Juga: Resep Rojak Tahu Khas Malaysia, Sederhana tapi Rasanya Istimewa

3. Terdiri dari sayuran, seafood, dan saus kacang

Ilustrasi sayuran (pexels.com/Wendy Wei)

Sayuran pada pasembur bisa beraneka macam tergantung pada daerah dan penjualnya. Umumnya, sayuran pasembur terdiri dari timun, wortel, bengkuang, dan taoge. Di dalam pasembur juga terdapat boga bahari seperti udang, cumi-cumi, dan daging kepiting. Dapat juga ditambah dengan tahu goreng, kentang rebus, dan telur rebus.

Semua bahan tersebu disiram dengan saus kacang ketal yang bercita rasa manis dan pedas. Saus kacang ini terbuat dari kacang tanah sangrai yang dihaluskan, asam jawa, cabai, ubi jalar atau kentang, dan berbagai bumbu. Wah, meriah sekali ya isinya!

4. Biasa disajikan bersama dengan mamak mee

Ilustrasi pasembur (commons.wikimedia.org/Unilokman25)

Sebagai toping, pasembur disajikan bersama dengan keropok yang renyah. Selain keropok, pasembur juga biasanya disajikan bersama dengan mamak mee goreng, mi goreng ala orang India muslim di Malaysia. Banyak pedagang pasembur yang juga menjual mee goreng karena kesamaan sausnya. Keduanya bisa dimakan sebagai kudapan, hidangan pembuka, atau hidangan utama.

5. Ada juga pasembur ala Chinese-style

Ilustrasi pasembur (vecteezy.com/budisetiawan)

Pasembur memang identik dengan makanan India muslim, tapi ada juga pasembur versi Chinese-style bernama cheh-hoo. Cheh-hoo, dalam bahasa Hokkien, artinya 'ikan mentah' tetapi tidak ada unsur ikan mentah pada makanan ini. Sejatinya, isian dari cheh hoo sama dengan pasembur hanya saja pada cheh-hoo sausnya lebih ringan dan tidak terlalu pedas seperti pasembur

Pasembur jadi salah satu makanan favorit di Malaysia, lho. Kalian juga tidak akan terlalu susah menemukan makanan ini ketika di Malaysia. Ini juga jadi salah satu makanan yang patut kalian cicipi jika berplesir ke Malaysia. Siapa yang pernah makan pasembur?

 

Baca Juga: 5 Spot Wisata Kuliner Khas Malaysia di Kuala Lumpur, Kunjungi Yuk!

Verified Writer

Wanudya A

YNWA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya