TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta Kakigori, Es Serut Jepang Penyegar Saat Musim Panas

Manis, menyegarkan, dan cocok disantap saat cuaca panas!

ilustrasi kakigori (en.photo-ac.com/SugarSalt)

Saat musim panas di Jepang tiba, dessert yang populer adalah kakigori. Kakigori adalah es serut khas Jepang dengan aneka rasa dan aneka topping dan punya penampilan yang menarik. Konon, es serut ini sudah ada sejak dahulu kala dan hanya bisa dinikmati para kaum elite saja. Sekarang, es serut yang menyegarkan ini sudah bisa dinikmati masyarakat dan bahkan sudah terkenal di luar Jepang. 

Kalian penasaran dengan serba-serbi kakigori ini? Artikel ini akan mengulas fakta menarik tentang es serut asal Jepang ini. Simak terus artikel berikut ini, ya!

1. Es serut asal Jepang yang populer saat musim panas

ilustrasi kakigori (en.photo-ac.com/シンガプーラスマイル)

Kakigori adalah es serut asal Jepang yang biasa disajikan saat musim panas di Jepang yang panas dan lembap. Dalam bahasa Jepang, kakigori berarti 'es serut'. Kaki berarti 'mengikis' atau 'menyerut' dan gori berarti 'es' (berasal dari kata kōri). Kakigori disajikan dengan berbagai rasa sirup, susu kental manis, dan aneka topping buah atau kacang.

2. Dahulu hanya kaum bangsawan dan kelas atas saja yang bisa makan dessert ini

ilustrasi kakigori (en.photo-ac.com/横浜からの写真家)

Melansir Japan Living Guide, kakigori telah ada sejak periode Heain (794-1185) yang mana kakigori yang dapat dinikmati oleh para bangsawan dan orang-orang kelas atas. Alasan eksklusivitas kakigori adalah karena harga es pada zaman itu mahal, sehingga rakyat biasa tak mampu membuat kakigori

Penyebutan kakigori pertama kali tercatat pada sebuah buku bertajuk Makura no Soshi (Pillow Book), sebuah buku yang berisi kumpulan pengamatan kehidupan bangsawan di Jepang pada akhir abad ke-10. Buku tersebut disusun oleh Sei Shonagon, seorang wanita istana yang melayani permaisuri Kaisar Ichijo. Dalam bab 42 buku Makura no Soshi, disebutkan terkait makanan penutup yang dibuat dari es yang diserut dengan pisau yang dimasukkan ke dalam mangkuk dan ditambahkan dengan sulur garut manis (sweet arrowfoot vine).

3. Toko pertama  yang menjual kakigori buka pada tahun 1862

ilustrasi kakigori (en.photo-ac.com/パーマ論)

Pada Periode Meiji (1862-1912), kakigori mulai menyentuh lapisan masyarakat umum dan tidak eksklusif bagi kaum elite saja. Hal jni terjadi karena membaiknya jalur transportasi di seluruh negeri Jepang. Pada saat itu juga mulai diciptakan mesin untuk membuat dan menyerut es sehingga saat musim panas tiba, masyarakat Jepang dapat membeli dan menikmati kakigori. Toko pertama yang menjual kakigori berada di Yokohama yang buka pada tahun 1862.

Pada tahun 1960-an, masyarakat dapat membuat kakigori sendiri di rumah akibat booming lemari es dan freezer di Jepang dengan harga terjangkau. Inilah momen yang mana kakigori dengan sirup warna-warni menjadi populer di festival musim panas Jepang dan membuat kakigori menjadi makanan penutup yang dapat dinikmati siapa saja.

Baca Juga: 5 Fakta Kakigori, Es Serut Tradisional Jepang yang Populer di Dunia

4. Berbagai rasa dan berbagai warna memeriahkan es serut ini

ilustrasi kakigori (en.photo-ac.com/Gacha_R)

Rasa kakigori beraneka macam namun kebanyakan didapat dari rasa sirup yang ditambahkan di atas es. Beberapa rasa yang paling populer adalah stroberi, teh hijau, melon, lemon, mangga, nanas, dan blue Hawaii (rasa soda Jepang yang manis). Selain sirup, rasa kakigori juga didapat dari susu kental manis atau perpaduan antar sirup dan susu kental manis.

5. Topping-nya bisa berupa buah, mochi, hingga es krim

ilustrasi kakigori (en.photo-ac.com/rrrriiiissaa)

Berbagai topping bisa ditambahkan dalam kakigori untuk menambah tekstur dan rasa. Buah-buahan menjadi topping yang populer dan aman untuk ditambahkan, beberapa buah yang dibuat jadi topping adalah stroberi, blueberry, jeruk, melon, dan anggur.

Topping lainnya adalah adzuki atau kacang merah manis atau bisa juga dalam bentuk anko (pasta kacang). Selain itu, mochi dan es krim juga dapat ditambahkan sebagai topping yang tak kalah menariknya. Yummy!

6. Es diserut dengan halus

ilustrasi kakigori (commons.wikimedia.org/Darkware)

Melansir laman Food in Japan, ada beberapa jenis es, salah satunya adalah tennen kori atau es alami. Es ini adalah es yang perlahan membeku akibat dinginnya alam. Dalam kasus es alami, ikatan antar molekul air kuat, sehingga es menjadi lebih keras dibandingkan es biasa. Terdapat kakigori yang terbuat dari es jenis ini.

Yang menjadi ciri khas dari es serut ini adalah tekstur esnya yang lembut. Untuk menciptakan tekstur tersebut, es perlu diserut sampai halus. 

6. Shirokuma dan uji kintoki adalah dua kakigori yang terkenal

ilustrasi kakigori (en.photo-ac.com/Gacha_R)

Terdapat beberapa cara penyajian kakigori tergantung dengan sirup dan topping-nya. Yang paling populer adalah shirokuma dan uji kintoki. Shirokuma adalah kakigori yang ditambahkan susu kental manis, buah, mochi, dan anko, kadang juga bisa ditambahkan dengan kismis. Sementara itu, uji kintoki dibuat dari kakigori yang ditambahkan sirup rasa matcha, anko, es krim matcha, dan mochi. Kakigori dengan susu kental manis dan sirup stroberi juga jadi kakigori yang banyak peminatnya.

Selain itu, ada juga kakigori unik lainnya seperti yakigori (kakigori dengan tambahan alkohol) dan kinako banana yang disajikan dengan tepung kedelai panggang.

Berwarna-warni tampilannya, enak rasanya, dan terasa segarnya! Yak, itulah kakigori yang sangat populer saat musim panas di Jepang untuk melepas dahaga serta menyegarkan badan. Di Indonesia, kakigori juga bisa ditemukan di beberapa restoran khas Jepang. Cocok nih untuk melawan panasnya cuaca Indonesia. Kalian sudah pernah menjajal kakigori?

Baca Juga: 9 Fakta Bingsu, Es Serut Korea Selatan yang Dihidangkan di Musim Panas

Verified Writer

Wanudya A

YNWA

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya