TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Buah Rambutan yang Manis, Jangan Terkecoh!

Buah rambutan yang manis memiliki cirinya tersendiri

ilustrasi rambutan (unsplash.com/@joyceromero)

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dengan buah rambutan. Buah dengan bentuk unik ini cukup mudah ditemukan pada saat musimnya tiba.

Rambutan memiliki ciri khusus berbentuk bulat lonjong dengan bulu-bulu halus pada seluruh bagian sisinya, serta didominasi oleh warna merah dengan tambahan warna kuning dan hijau. Untuk menentukan rambutan yang manis cita rasanya, maka kamu perlu melihat beberapa tips pentingnya berikut ini.

1. Warnanya cenderung merata

ilustrasi rambutan (unsplash.com/@kawerodriguess)

Untuk memilih rambutan dengan kualitas yang baik sebetulnya bisa terlihat dari pilihan warna yang dimilikinya. Sebetulnya untuk warna pada rambut cenderung diawali dengan warna hijau dan kemudian terus berubah menjadi kemerahan seiring dengan matangnya buah tersebut.

Sebaiknya hindari buah rambutan yang warna kulitnya masih terdapat gradasi atau pun tidak merata, sebab menandakan bahwa buah tersebut tidak matang sempurna. Sementara untuk buah rambutan yang sudah matang maksimal biasanya ditandai dengan warnanya yang cenderung merata, sehingga untuk cita rasa bisa saja memang maksimal.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Buah Naga Kuning, Buah Langka yang Eksotis!

2. Rambutan dikerubungi semut

ilustrasi rambutan (unsplash.com/@kawerodriguess)

Tips yang satu ini mungkin cenderung tak biasa dan banyak orang yang justru tak memperhatikan tanda yang satu ini dalam memilih rambutan. Sebetulnya kamu bisa memilih rambutan yang sudah dikerubungi dengan semut karena tandanya daging rambutan tersebut memang manis.

Tentu saja kamu tetap perlu berhati-hati saat memilih rambutan yang sudah dikerubungi oleh semut, sebab khawatir semut-semut tersebut sudah merusak bagian kulit luar dari rambutan. Oleh sebab itu, cek kembali rambutan yang sudah dibeli dengan seksama agar tak sampai keliru saat nanti membelinya.

3. Bagian rambutnya tak keras atau kaku

ilustrasi rambutan (unsplash.com/@aniljose1997)

Rambutan memiliki bagian rambut yang menjadi ciri khas utamanya dibandingkan dengan jenis buah yang lain. Kamu bisa melihat bagaimana kualitas dan tingkat kesegaran dari rambutan melalui bagian rambut tersebut, sehingga nantinya kamu tak akan sampai salah pilih lagi dalam menentukan rambutan berkualitas.

Idealnya pilihlah rambutan yang bagian rambutnya tak terlalu keras atau pun tak terlalu kaku, sebab dikhawatirkan masih muda atau justru sudah terlalu tua. Sementara, rambutan dengan rambut yang masih lembut dan segar menjadi tanda bahwa memang rambutan tersebut kualitasnya segar.

4. Tidak ada noda putih

ilustrasi rambutan (unsplash.com/@acton_crawford)

Pada saat memilih buah rambutan mungkin kamu akan menemukan beberapa jenis rambutan yang bagian permukaannya sudah ditumbuhi dengan noda putih. Sebetulnya banyak orang yang mengabaikan hal ini dan menganggapnya bukan apa-apa, sehingga tetap memilihnya begitu saja.

Noda putih pada rambutan bisa menjadi tanda dari tumbuhnya jamur yang merupakan hama, sehingga secara tak langsung memengaruhi kualitas dari rambutan. Oleh sebab itu, jika dirasa rambutan sudah dipenuhi dengan banyak noda putih maka sebaiknya tak perlu dipilih.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Mengkudu untuk Lambung, Bantu Redakan Heartburn

Verified Writer

TM

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya