TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Memilih Buah Plum yang Segar dan Manis, Gak Salah Pilih!

Buah plum yang manis dan matang tentu akan lebih lezat

ilustrasi buah plum (unsplash.com/@jda_buzz)

Pernahkah kamu mendengar nama buah plum sebelumnya? Plum merupakan sejenis buah yang secara bentuk mirip seperti apel dengan versi ukuran yang lebih mini. Sebetulnya, buah plum kerap dikonsumsi oleh banyak orang karena kandungan baik yang dimiliki di dalamnya.

Secara umum, buah plum berasal dari daratan Eropa dan Tiongkok. Selain itu, buah plum memiliki kekerabatan yang cukup erat dengan buah sejenisnya seperti peach atau pun buah persik. Untuk memudahkanmu dalam memilih buah plum yang segar, matang, dan berkualitas, sebaiknya pilihlah dengan beberapa tips penting berikut ini. 

1. Kulitnya tampak cerah dan tak berlubang 

ilustrasi buah plum (unsplash.com/@joannaderks)

Perhatikan warna dari buah plum terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Sebab, warna dari buah plum bisa menjadi tanda dari kualitasnya. Memang ada banyak sekali jenis buah plum yang juga memiliki warna berbeda-beda, mulai dari ungu gelap hingga kemerahan.

Biasanya, buah plum yang masih segar memiliki warna yang relatif lebih cerah jika dibandingkan buah plum yang sudah lama disimpan atau pun yang masih mentah. Selain itu, pastikan permukaan kulit buah plum tak terdapat lubang atau pun goresan apa pun agar kondisi di dalamnya pun tetap terjaga dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah yang Baik dan Segar, Gak Khawatir Zonk!

2. Buahnya terasa berat dan padat 

ilustrasi buah plum (unsplash.com/@nardly)

Pada saat akan membeli buah plum mungkin kamu dapat mencoba memegangnya terlebih dahulu untuk mengecek massa buah dan tekstur yang dimilikinya. Secara umum buah plum yang berkualitas baik akan memiliki massa buah dan tekstur tersendiri, sehingga kamu jangan sampai salah dalam memilihnya.

Buah plum yang sudah matang akan terasa lebih berat pada saat dipegang, serta teksturnya pun akan terasa lebih padat dari yang dibayangkan. Hindari pula buah plum yang terasa lembek atau lunak karena bisa jadi buah tersebut sudah terlalu lama disimpan dan kualitasnya kurang bagus.

3. Terdapat tangkai pada ujungnya

ilustrasi buah plum (unsplash.com/@realvjy)

Beberapa buah plum masih memiliki tangkai pada bagian atasnya dan buah seperti inilah yang bisa kamu prioritaskan apabila ingin memilihnya. Tangkai tersebut menentukan kualitas dari buah plum, sebab biasanya buah plum yang masih segar akan memiliki tangkai yang masih kokoh, segar, dan tak berwarna kehitaman.

Kamu harus mewaspadai buah plum yang sudah tak ada tangkainya atau pun yang warna tangkainya sudah berubah kehitaman, sebab bisa jadi menandakan bahwa kualitas buah tersebut sudah menurun. Meski tak bisa benar-benar menjadi standar utama, namun kamu bisa menggunakan cara ini untuk memastikan kualitas di dalamnya.

4. Tak mengeluarkan aroma apek

ilustrasi buah plum (unsplash.com/@einjasper)

Kamu bisa coba mencium aroma buah plum dari dekat apabila penasaran untuk mengecek kualitas yang dimilikinya. Walau pun buah plum tak memiliki aroma khusus yang kuat selayaknya buah lain, namun kamu bisa merasakan aroma khasnya apabila memang buah ini masih dalam kondisi yang segar.

Kamu harus mewaspadai apabila buah plum mengeluarkan aroma apek atau pun busuk karena bisa jadi sudah terlalu lama disimpan dan kualitasnya buruk. Hal ini jelas akan membuat kualitasnya pun menurun karena sudah dianggap tidak segar lagi, sehingga penting untuk mengecek aromanya terlebih dahulu. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Manggis yang Manis, Gak Salah Pilih!

Verified Writer

TM

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya