TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Dasar Membuat Bibimbap di Rumah, Gak Repot!

Bibimbap pada dasarnya adalah nasi campur yang lezat

ilustrasi bibimbap (pexels.com/J MAD)

Kamu yang mungkin familier dengan hidangan Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan bibimbap. Bibimbap merupakan hidangan nasi campur khas Korea yang berisikan berbagai macam bahan-bahan, dari mulai nasi, sayuran, telur, daging, hingga saus gochujang yang nantinya akan disajikan dengan cara dicampur bersama-sama.

Tentu saja sajian ini paling cocok disajikan untuk berbagai macam situasi, bahkan sering juga dipilih untuk bekal sekolah atau pun bekal kerja. Untuk membuat bibimbap di rumah maka kamu bisa perhatikan beberapa tips dasar berikut ini agar tidak sampai keliru dalam membuatnya.

1. Pilih bahan-bahan yang berkualitas

ilustrasi wortel (pexels.com/Suzy Hazelwood)

Cara awal untuk bisa membuat bibimbap adalah dengan memilih terlebih dahulu bahan-bahan yang berkualitas. Memang ada banyak sekali pilihan bahan-bahan yang dapat kamu gunakan sehingga kualitasnya juga harus diperhatikan agar tidak sampai keliru dalam memilih.

Biasanya jika kamu sudah memilih bahan-bahan yang berkualitas, maka kamu dapat mempersiapkan bahan-bahan tersebut dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengolahnya terlebih dahulu, misalnya dengan memotong sayuran lebih kecil agar mudah pada saat proses pengolahan nanti atau pun mengolah daging-dagingannya.

2. Padukan antara sayuran dan daging-dagingan

ilustrasi daging (unsplash.com/Cristi Caval)

Seperti yang diketahui bahwa bibimbap berisikan berbagai macam bahan-bahan dalam satu mangkuk. Tentunya akan jauh lebih lezat apabila kamu dapat memadukan aneka bahan-bahan agar cita rasa dari bibimbap semakin lengkap dan tidak membosankan pada saat kamu mencicipinya.

Kamu bukan hanya dapat memadukan aneka sayuran saja, namun kamu juga bisa memadukan daging-dagingan hingga saus yang mungkin sudah dipersiapkan sebelumnya. Justru memadukan sayuran dan daging-dagingan secara langsung dapat membuat bibimbap tersebut menjadi semakin lengkap dan menggugah selera.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan yang Cocok untuk Bekal Mudik, Praktis!

3. Olah terlebih dahulu bahan-bahannya sebelum digunakan

ilustrasi merebus (unsplash.com/Becca Tapert)

Satu hal yang perlu kamu ingat pada saat membuat bibimbap adalah dengan mengolah terlebih dahulu bahan-bahannya sebelum disajikan. Hal ini karena memang ada beberapa bahan yang harus melalui proses pemanggangan atau pun perebusan terlebih dahulu, sehingga tidak bisa kamu sajikan dalam kondisi mentah.

Untuk penggunaan sayuran maka biasanya kamu harus merebus terlebih dahulu hingga sayurannya benar-benar lunak. Selain itu, untuk penggunaan daging-dagingan bisa kamu panggang terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu, sehingga cita rasanya akan meresap dengan baik.

4. Menata bahan-bahan bibimbap dalam mangkuk

ilustrasi bibimbap (pixabay.com/nikluv)

Bagian yang paling menyenangkan dalam membuat bibimbap adalah pada saat menata bahan-bahan dalam satu mangkuk. Tentunya proses penataan ini tidak boleh dilakukan sembarangan agar tidak sampai merusak estetika dari tampilan bibimbap yang kamu buat di rumah.

Kamu bisa menambahkan nasi terlebih dahulu pada bagian dasarnya sebelum nantinya akan ditata bersama dengan aneka sayuran, daging-dagingan, telur, hingga saus sekali pun. Untuk penataannya harus rapi dan sesuai agar bibimbap yang kamu sajikan pun terlihat lebih menarik.

Verified Writer

TM

Selamat membaca!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya