TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Daging Sudah Tak Layak Konsumsi, Tidak Segar!

Jangan mengonsumsi daging yang sudah tak bagus kualitasnya

ilustrasi daging sapi (unsplash.com/@jamesrkern)

Daging-dagingan menjadi salah satu bahan makanan favorit bagi kebanyakan orang, sehingga keberadaannya tentu sangat dibutuhkan untuk memasak atau pun keperluan kuliner lainnya. Tentunya daging tidak bisa diperjualbelikan secara sembarangan, sebab harus pula memperhatikan kualitas yang dimilikinya.

Sebetulnya untuk membedakan antara daging yang berkualitas dengan daging yang mungkin sudah tidak layak dikonsumsi cukup mudah. Sebaiknya kamu perlu menghindari daging yang sudah memiliki beberapa tanda berikut ini karena dirasa sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi.

1. Tekstur menjadi lembek

ilustrasi daging kelinci (unsplash.com/@towfiqu999999)

Tanda pertama yang mungkin dapat kamu temukan ada daging dengan kualitas yang sudah kurang baik adalah teksturnya yang cenderung mulai berubah. Idealnya untuk daging yang masih segar semestinya memiliki tekstur yang cenderung lebih padat dan kenyal, sehingga pada saat kamu tekan justru bentuknya akan kembali dalam waktu yang singkat.

Berbeda halnya apabila kamu membeli daging yang sudah dalam kualitas tidak segar, sebab teksturnya juga akan cenderung lebih lembek. Hal inilah yang sebetulnya menunjukan bahwa kualitas dari kesegaran daging tersebut sudah menurun karena kekenyalannya telah hilang.

Baca Juga: 8 Makanan yang Sebaiknya Dihindari sebelum Renang, Apa Saja?

2. Aromanya sudah berubah tak sedap

ilustrasi daging iris (unsplash.com/@rickyrynselo)

Aroma antara daging yang berkualitas dengan daging yang sudah tidak segar sepertinya cukup mudah untuk dikenali. Hal tersebut karena memang daging yang masih segar akan cenderung memiliki aroma yang khas dan tidak sampai menyengat saat dicium dari dekat.

Biasanya untuk daging yang ternyata sudah kurang bagus kualitasnya maka akan tercium aroma yang menyengat hingga terasa busuk. Tentu saja tanda inilah yang menjadi bukti bahwa sudah mulai ada proses pembusukan atau pun bakteri pada daging, sehingga membuatnya tidak segar lagi.

3. Terasa pahit saat dikonsumsi

ilustrasi daging (unsplash.com/@victoriakosmo)

Ternyata perubahan dari daging yang masih segar dengan daging yang sudah kurang bagus kualitasnya dapat kamu bedakan dari cita rasa. Hal ini karena memang cita rasa untuk daging yang sudah tidak bagus kualitasnya akan cukup mudah dibedakan, khususnya setelah melalui proses pemasakan.

Beberapa daging yang memang sudah kurang bagus kualitasnya akan cenderung memiliki cita rasa yang pahit pada saat dikonsumsi. Cita rasa yang seperti ini tentu bukanlah cita rasa alami dari daging, sehingga kamu perlu mewaspadai apabila perubahan rasanya sangat terasa.

4. Muncul lendir atau pun berair dari dagingnya

ilustrasi memotong daging (unsplash.com/@armandoascorve)

Jika kamu penasaran untuk melihat apakah kualitas daging masih bagus atau pun tidak mungkin kamu dapat mencoba mengeluarkannya dari plastik penyimpanan dan memegangnya secara langsung. Hal ini karena memang ada perbedaan tersendiri dari permukaan daging yang sudah kurang bagus kualitasnya.

Daging yang sudah tidak layak dikonsumsi biasanya akan mulai muncul lendir atau pun terasa berair pada saat dipegang secara langsung. Hal inilah yang kemudian akan mengubah tekstur dari daging menjadi lebih lunak, sehingga sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Khas Myanmar, Mirip Makanan Indonesia Rasanya

Verified Writer

TM

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya