TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Tepat Mengolah Makanan Sisa, Jangan Langsung Dibuang!

Makanan sisa masih bisa kamu olah dengan mudah, lho

ilustrasi freezer (unsplash.com/@elloproducts)

Bagi kamu yang mungkin tidak terbiasa mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak, maka makanan sisa bisa jadi merupakan hal yang biasa untukmu. Padahal sebetulnya menyisakan makanan bukanlah tindakan yang bijak, sebab hal tersebut bisa menimbulkan sifat mubazir.

Sebetulnya makanan sisa mungkin saja masih bisa kamu olah kembali dengan cara-cara yang tepat, sehingga tidak akan sampai mubadzir nantinya. Jika masih bingung bagaimana cara mengolah makanan sisa, maka kamu bisa menyimak tipsnya yang berikut ini.

1. Membuat nasi goreng

ilustrasi nasi goreng (unsplash.com/@anniespratt)

Tips yang pertama adalah dengan mengolah makanan sisa tersebut menjadi menu nasi goreng yang lezat dan menggugah selera. Tidak dapat dimungkiri bahwa memang pengolahan nasi goreng cenderung memiliki bahan-bahan yang beragam, bahkan makanan sisa sekali pun bisa untuk membuat nasi goreng.

Belum lagi biasanya memang nasi goreng akan lebih cocok apabila menggunakan nasi perak atau nasi yang sudah kering. Alasannya karena akan jauh mudah dalam mencampurkan bumbu-bumbu pada nasi goreng tersebut. Oleh sebab itu, jika memang kamu masih memiliki sisa nasi atau pun bahan makanan lain, maka kamu bisa membuatnya menjadi nasi goreng.

Baca Juga: 5 Bahan Makanan Ini Dilarang di Beberapa Negara, Kenapa?

2. Membuat kaldu

ilustrasi kaldu (unsplash.com/@purebonebroth)

Apabila di rumahmu masih ada sisa-sisa tulang ayam, tulang sapi, atau pun tulang ikan, maka jangan buru-buru membuangnya begitu saja. Sebetulnya tulang-tulang yang masih bagus kondisinya dapat kamu jadikan bahan dalam pembuatan kaldu untuk memasak nanti.

Proses pembuatan kaldu sebetulnya cukup mudah untuk dilakukan karena kamu hanya perlu merebus tulang-tulang tersebut dengan bumbu-bumbu tertentu. Nantinya dari hasil kaldu yang sudah siap, kamu jadi bisa menggunakan kembali untuk memasak beragam olahan lainnya.

3. Dijadikan bahan memasak untuk makanan selanjutnya

ilustrasi memasak (unsplash.com/@jsnbrsc)

Sebetulnya memang sisa bahan makanan yang masih ada jangan langsung buru-buru kamu buang begitu saja. Hal ini karena bisa jadi sisa-sisa dari bahan makanan tersebut masih kamu butuhkan untuk proses memasak selanjutnya, sehingga jangan asal dibuang.

Kamu bahkan bisa menggunakan bahan-bahan tersebut untuk membuat berbagai macam sajian yang lezat dan menggugah selera. Terpenting kamu dapat menyesuaikan porsinya sesuai dengan kebutuhanmu agar tidak sampai tersisa lagi makanannya.

4. Sisa buah bisa dijadikan es krim

ilustrasi es krim (unsplash.com/@americanheritagechocolate)

Beberapa orang biasanya ada yang membeli buah-buahan dalam jumlah yang terlalu banyak, sehingga kemudian tidak habis dikonsumsi. Namun, kamu jangan dulu membuang buah-buahan sisa tersebut apabila memang kondisinya masih bagus dan layak untuk dikonsumsi.

Kamu bisa membuat beragam olahan seperti jus atau pun es krim dengan menggunakan sisa buah-buahan yang ada. Selain itu, proses pembuatannya juga sangatlah mudah dan hal ini bisa kamu coba sendiri di rumah.

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Triptofan, Bantu Cegah Gangguan Mental

Verified Writer

TM

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya