TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sumber Kalsium Baik Ini Wajib Dikonsumsi, Tetap Kuat Meski Puasa!

Menjaga kebugaran dan kekuatan tulang dengan sumber kalsium

Unsplash/Waldemar Brandt

Kalsium merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya orang dewasa, bahkan bayi dan anak-anak pun sudah sering diberi asupan makanan tinggi kalsium agar kebutuhan hariannya dapat tercapai dengan penuh.

Tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari sebab kandungannya dapat diperoleh melalui konsumsi beberapa jenis olahan. Untuk kamu yang ingin memenuhi kebutuhan kalsium sehari-hari, berikut lima bahan makanan yang dapat dikonsumsi. 

1. Kacang kedelai

Unsplash/Nisuda Nirmantha

Salah satu sumber protein baik yang juga kaya akan kandungan kalsium di dalamnya adalah kacang kedelai. Kacang yang satu ini memang sangat rutin dikonsumsi oleh semua usia, bahkan terkadang juga diolah dalam bentuk susu.

Kandungan kalsium di dalamnya cukup tinggi, yaitu sebesar 261 miligram per satu cangkir kacang kedelai. 

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Memengaruhi Penyerapan Kalsium dalam Tubuh

2. Keju

Unsplash/Alexander Maasch

Keju dapat disebut sebagai salah satu jenis olahan kaya kalsium yang dapat dikonsumsi oleh semua orang, termasuk bagi kamu yang memiliki alergi protein susu. Selain karena tak sulit dapat menemukan produk olahan susu ini, keju juga dapat diolah menjadi berbagai jenis menu. Tentunya dengan begitu, kamu dapat mengonsumsi keju secara langsung atau hanya dengan mencampurkannya dengan menu-menu lain. 

3. Ikan salmon

Unsplash/Caroline Attwood

Rasanya untuk salah satu produk olahan ikan yang satu ini sudah tak diragukan lagi nutrisi dan kandungan di dalamnya. Selain kaya akan protein, salmon juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Bahkan tak tanggung-tanggung, ada sekitar 181 miligram kandungan kalsium pada setiap 300 gramnya. 

4. Bayam

Unsplash/Louis Hansel @shotsoflouis

Selama ini bayam hanya dikenal sebagai salah satu jenis sayuran sehat yang sangat cocok untuk program diet. Padahal, bahan sayur yang satu ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Sekitar 200 miligram kalsium tersedia bila kamu mengonsumsinya secara rutin. Tentunya bagai manfaat berlipat ya karena sudah kaya serat, tinggi kalsium, sehat pula. 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Makanan Sehat yang Bisa Melancarkan Pencernaanmu

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya