TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan Khas Jepang Ini Biasa Disajikan saat Tahun Baru

Kamu sudah pernah mencicipi yang mana nih?

ilustrasi makanan khas Jepang (unsplash.com/Jjik_da)

Banyak momen spesial yang terjadi di tahun baru. Maka dari itu ada berbagai menu makanan yang biasanya disajikan di malam menyambut tahun baru. Setiap negara memiliki tradiri makan untuk merayakan pergantian tahun, tidak terkecuali dengan Jepang. 

Di Jepang, ada beberapa makanan khas yang biasa dihidangkan saat perayaan tahun baru, beberapa makanan bahkan mengandung makna simbolis. Berikut adalah lima makanan khas Jepang yang biasa disajikan saat tahun baru. Yuk simak! 

1. Kinako mochi

kinako mochi (instagram.com/fictionfood)

Kinako mochi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang disajikan pada saat tahun baru. Kinako mochi juga disajikan sebagai lambang keberuntungan. Memiliki tekstur yang kenyal, kinako mochi dibuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula halus dan air lalu dikukus atau direbus hingga matang. 

Terdapat juga sensasi lembut, manis dari gula harus, serta tambahan tepung kinako yang membuat semakin terasa gurih. Meski kerap disajikan dalam keadaan dingin, mochi ini jadi salah satu hidangan penutup populer. 

2. Toshikoshi soba

toshikoshi soba (unsplash.com/Fifernando)

Toshikoshi soba merupakan hidangan mie tradisional Jepang yang biasanya disajikan di malam tahun baru. Mie soba yang mudah dipotong ini juga memiliki makna untuk melepaskan beban berat dan segala kesulitan  yang sudah terjadi di tahun sebelumnya.

Tradisi menikmati toshikoshi soba di malam tahun baru sendiri sudah dimulai sekitar zaman Edo (1603-1867). Tanaman soba juga dapat bertahan dalam cuaca yang buruk selama masa pertumbuhannya, sehingga soba melambangkan kekuatan dan ketahanan. 

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Makanan Jepang Favoritmu dari Member TXT Pilihanmu

3. Ozoni

ozoni (instagram.com/junko_ok)

Ozoni juga merupakan sajian berupa sup berisi mochi dan beberapa bahan pelengkap lainnya seperti tahu, ubi, potongan daging ayam, hingga wortel. Sup ini juga biasanya dihidangkan pada perayaan tahun baru di Jepang.

Tradisi menikmati ozoni pada tahun baru ini dimulai pada akhir periode Muromachi (1336-1573). Gimana, tertarik mencoba hidangan ozoni di malam tahun baru bersama keluarga? 

4. Datemaki

datemaki (instagram.com/chopstickchronicles)

Datemaki adalah salah satu sajian istimewa untuk menyambut tahun baru di Jepang. Datemaki sendiri merupakan hidangan yang terbuat dari telur, dengan campuran ikan dan udang yang dilumatkan serta diberi mirin dan gula dalam jumlah yang banyak sehingga terasa manis. 

Pembuatannya melalui proses dipanggang dalam penggorengan persegi empat hingga mengeras lalu digulung. Datemaki juga dikenal dengan nama kasutera kamaboko. 

Verified Writer

Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya