TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Makanan Tinggi Protein per 100 Gramnya, Ada Kesukaanmu?

Bikin kesehatan tubuh lebih terjaga

Tahu (pixabay.com/621hjmit)

Mengonsumsi makanan tinggi protein sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Protein berperan dalam membangun otot, memperbaiki jaringan, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Tak heran jika banyak orang mencari sumber protein terbaik untuk memenuhi kebutuhan harian mereka.

Beberapa makanan kaya protein tak hanya lezat, tetapi juga mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Mengetahui kandungan protein per 100 gram akan membantu kamu memilih sumber protein yang sesuai. Berikut 10 makanan tinggi protein bisa kamu pilih sebagai asupan sehatmu sehari-hari.

1. Dada ayam

Dada ayam (pixabay.com/kakyusei)

Dada ayam tanpa kulit dan tulang mengandung sekitar 31 gram protein, menjadikannya sebagai sumber protein yang sangat rendah lemak. Makanan ini sangat cocok untuk mendukung pembentukan otot. Selain itu, dada ayam juga bermanfaat membantu manajemen berat badan.

2. Ikan tuna

Ikan tuna (pixabay.com/ReinhardThrainer)

Tuna kalengan yang disimpan dalam air mengandung protein sekitar 29 gram. Selain tinggi protein, tuna juga merupakan sumber yang kaya asam lemak omega-3. Nutrisi ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

3. Dada kalkun

Dada kalkun (pixabay.com/JESHOOTS-com)

Dada kalkun mengandung protein sebesar 29 gram. Sama seperti daging ayam, dada kalkun juga rendah lemak dan tinggi protein. Hal ini menjadikannya pilihan yang baik untuk diet rendah lemak.

4. Kacang almond

Kacang almond (pixabay.com/stevepb)

Kacang almond mengandung protein sekitar 21 gram. Selain itu, kacang almond juga kaya akan lemak sehat, serat, dan vitamin E. Nutrisi ini baik untuk mendukung kesehatan jantung dan menjaga kulit tetap sehat.

5. Ikan salmon

Ikan salmon (pixabay.com/Sabrinakoeln)

Salmon mengandung 25 gram protein per 100 gram, menjadikannya sumber protein yang sangat baik. Selain itu, salmon kaya akan asam lemak omega-3 esensial. Nutrisi ini berperan penting dalam mendukung kesehatan jantung dan fungsi otak.

6. Lentil

Lentil (pixabay.com/sandravelez2017)

Lentil mengandung sekitar 25 gram protein setelah dimasak, menjadikannya salah satu sumber protein nabati yang baik. Selain itu, lentil kaya akan serat yang bermanfaat bagi pencernaan. Kandungan seratnya juga membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 8 Ciri Tubuh Kekurangan Protein, Sering Sakit dan Rambut Mudah Rontok!

7. Greek yoghurt

Ilustrasi greek yoghurt (pixabay.com/ponce_photography)

Yoghurt tawar tanpa lemak ini mengandung protein sebesar 10 gram. Greek yoghurt dikenal kaya akan protein yang baik untuk pemulihan otot. Selain itu, greek yoghurt juga mengandung probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

8. Cottage cheese

Cottage cheese (pexels.com/Pixabay)

Cottage cheese atau paneer mengandung protein sebanyak 11 gram per 100 gram. Protein kasein yang terkandung di dalamnya dicerna secara perlahan oleh tubuh. Hal ini membuatnya menjadi camilan yang tepat sebelum tidur untuk membantu pemulihan otot.

9. Telur

Telur (pixabay.com/Bru-nO)

Telur mengandung sekitar 13 gram protein per 100 gram atau setara dengan dua butir telur besar. Protein dalam telur bersifat lengkap, karena mengandung semua asam amino esensial. Hal ini membuat telur menjadi pilihan serbaguna yang cocok untuk berbagai jenis diet.

10. Tahu

Tahu (pixabay.com/621hjmit)

Tahu mengandung 8 gram protein per 100 gram, menjadikannya sumber protein nabati yang sangat baik. Oleh karena itu, tahu sering menjadi pilihan utama dalam diet vegetarian dan vegan. Selain itu, tahu juga kaya akan kalsium dan zat besi.

Itulah sepuluh makanan yang tinggi protein per 100 gramnya. Dengan mengonsumsi makanan tinggi protein ini, kamu bisa memenuhi kebutuhan protein harian dan menjaga kesehatan tubuh. Pastikan untuk selalu mengombinasikan berbagai sumber protein, agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang, ya!

Baca Juga: 7 Menu Serba Daging Sapi Selama Seminggu, Kaya Protein!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya