TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Merebus Ayam agar Tekstur Empuk dan Matang Sempurna

Ayam rebus mudah dicampurkan ke berbagai makanan

ilustrasi daging ayam (pixabay.com/sontung57)

Sekilas, merebus ayam tampak mudah. Hanya tinggal memasukkan ayam ke dalam panci berisi air, lalu tunggu hingga matang. Padahal jika dilakukan dengan cara yang tidak tepat, kamu tidak akan mendapatkan tekstur ayam yang empuk dan matang sempurna.

Tapi kini kamu tak perlu risau. Sebab di bawah akan dibagikan lima tips merebus ayam agar teksturnya lembut dan matang sempurna. Disimak sampai selesai, ya!

1. Gunakan panci sesuai ukuran ayam

Ilustrasi ayam rebus (pixabay.com/RitaE)

Memperhatikan ukuran panci saat merebus ayam juga penting. Panci yang terlalu kecil membuat ayam saling menumpuk dan terhimpit sehingga tingkat kematangannya tidak bisa rata. Sedangkan jika menggunakan panci yang terlalu besar, kamu akan membutuhkan lebih banyak air sehingga lebih lama mendidih dan daging ayam bisa hancur akibat overcooked.

Maka dari itu, gunakanlah panci yang ukurannya sesuai dengan jumlah ayam yang akan kamu rebus. Sebagai contoh, merebus ayam utuh bisa menggunakan panci berukuran 8 liter. Sementara itu, untuk merebus ayam potong, gunakanlah panci yang lebih kecil, misalnya diameter 16 hingga 18 sentimeter.

Baca Juga: 14 Resep Olahan Daging Ayam Khas Nusantara, Bikin Lapar!

2. Tuang air hingga menutup permukaan ayam

ilustrasi daging ayam (pixabay.com/safran7)

Sebelum direbus, cuci ayam menggunakan air mengalir hingga bersih. Lalu masukkan ke dalam panci yang ukurannya sesuai dengan porsi ayam yang akan direbus. Kemudian tuang air hingga seluruh permukaan ayam tertutup.

Disarankan air yang digunakan adalah air dingin. Tujuannya agar air dingin dan ayam bisa matang secara bersamaan. Jika menggunakan air panas, dikhawatirkan suhu tingginya bisa membuat ayam matang terlebih dahulu bahkan sebelum mulai direbus.

3. Masukkan garam dan bawang putih utuh

ilustrasi daging ayam (pixabay.com/RitaE)

Sebelum mulai menyalakan api, masukkan terlebih dahulu garam dan bawang putih utuh ke dalam panci yang sudah berisi ayam dan air. Penggunaan kedua bahan tersebut bertujuan untuk membuat rasa dan aroma ayam semakin gurih nan lezat. Selain itu, garam juga berfungsi untuk membantu meluruhkan sisa kotoran yang mungkin masih menempel pada daging ayam.

Banyaknya garam dan bawang putih harus disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan kamu rebus. Sebagai gambaran, untuk merebus ayam utuh, masukkan 2 sendok makan garam dan 3 siung bawang putih. Sedangkan untuk potongan ayam, cukup memasukkan 1 sendok makan garam dan 2 siung bawang putih. 

4. Rebus dengan nyala api sedang

ilustrasi daging ayam (pixabay.com/RitaE)

Saat akan merebus ayam, jangan lupa menutup pancinya. Hal ini dilakukan supaya ayam lebih cepat matang dan aromanya tidak menguap. Merebus ayam cukup gunakan nyala api sedang saja, ya. Sehingga tingkat kematangan ayam bisa merata ke seluruh permukaannya.

Baca Juga: 3 Trivia Ayam Pop, Ayam Goreng Khas Minang yang Banyak Penggemarnya

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya