TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Mengolah Dada Ayam agar Juicy dan Empuk, Matang Merata!

Cocok dimasak untuk menu sehari-hari

ilustrasi dada ayam (pixabay.com/kakyusei)

Siapa di sini yang suka konsumsi dada ayam? Salah satu bagian dari ayam ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat sate ayam, sate taichan, dan chicken teriyaki. Memiliki kandungan protein yang tinggi namun rendah lemak, tak heran jika dada ayam begitu disukai, terutama oleh orang-orang yang sedang diet.

Sayangnya, dada ayam jika tak diolah dengan cara yang benar, cita rasanya jadi hambar dan teksturnya kering. Padahal dada ayam yang enak itu seharusnya memiliki tekstur juicy dan lembut. Lantas, bagaimana cara mengolah dada ayam yang tepat? Berikut ini penulis bagikan tiga tipsnya untuk kamu. Disimak sampai selesai, ya.

1. Jangan buang bagian kulitnya

ilustrasi dada ayam (pixabay.com/kakyusei)

Kulit dada ayam itu rasanya enak. Tak heran jika banyak yang suka. Kulit dada ayam mengandung lemak cukup banyak yang ternyata bisa membuat daging bagian dada bertekstur juicy dan rasanya gurih, lho.

Kalau pun kamu tak suka kulit dada ayam karena kandungan minyaknya tersebut, tetap saja jangan dibuang, ya. Biarkan ikut dimasak saja. Nanti saat masakan sudah matang, kamu tinggal melepas bagian kulitnya jika memang tak mau dimakan.

Baca Juga: 6 Resep Ayam Tanpa Santan Ala Rumahan Paling Enak dan Sederhana!

2. Marinasi dada ayam agar kaya rasa

ilustrasi dada ayam (pixabay.com/kakyusei)

Pada dasarnya cita rasa dada ayam itu hambar. Maka proses marinasi bertujuan untuk memperkaya cita rasanya. Caranya juga tidaklah sulit. Cukup taburi saja dada ayam dengan bumbu rempah-rempah, seperti cabai bubuk, lada hitam, merica, minyak, dan herbs.

Usapkan pula dada ayam dengan air perasan jeruk nipis atau cuka. Jadi, aroma amis pada dada ayam akan hilang. Teksturnya pun jadi lebih empuk, lho. Jika sudah, diamkan selama beberapa saat supaya semua bumbunya meresap sempurna ke dalam dada ayam.

Baca Juga: 7 Resep Makanan Penambah Berat Badan yang Enak dan Sehat

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya