TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membuat Sup Kambing Empuk dan Bebas Bau Prengus, Nikmat Abis!

Hidangan hangat yang cocok disantap saat musim hujan

Ilustrasi sup daging kambing (pixabay.com/BBChen)

Siapa sih yang tak suka sup kambing? Hidangan bercita rasa lezat ini sangat populer di banyak negara, salah satunya Indonesia. Selain membelinya, sup kambing juga bisa kamu buat sendiri di rumah.

Namun, mengingat daging kambing teksturnya keras dan khas memiliki bau prengus, maka untuk mengolahnya menjadi sup ada tantangannya tersendiri. Agar sup kambing buatanmu jadi empuk dan tak bau prengus, yuk simak terlebih dahulu lima tips memasaknya di bawah ini. 

1. Pilih daging kambing berkualitas baik

Ilustrasi daging kambing (pixabay.com/BlackWolfi)

Untuk menghasilkan sup kambing bercita rasa lezat, pastikan daging kambing yang kamu gunakan memiliki kualitas baik. Ciri-cirinya masih segar, warnanya merah jambu cerah, tak bau amis, permukaan daging bersih, dan tak ada darah. Biasanya, daging kambing yang digunakan untuk membuat sup adalah bagian dada dan kaki depan.

Setelah menemukan daging yang berkualitas, segera bersihkan daging tersebut setibanya kamu di rumah. Jangan lupa membuang bagian-bagian yang tak diperlukan, ya.

Baca Juga: Cara Membedakan Daging Kambing Vs Daging Babi saat Mentah dan Matang

2. Rendam dalam air perasan jeruk nipis

Ilustrasi jeruk nipis (pixabay.com/congerdesign)

Bagian daging kambing yang sudah dibersihkan selanjutnya kamu potong-potong dengan ukuran sesuai selera. Setelah itu, rendam di dalam air perasan jeruk nipis. Lakukan selama sekitar 30 menit agar meresap sempurna ke dalam daging.

Proses ini akan membantu menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Selain jeruk nipis, kamu juga bisa menggantinya dengan cuka. Lamanya waktu perendaman sama dengan saat kamu menggunakan air perasan jeruk nipis. Selesai direndam, bilas daging hingga benar-benar bersih.

3. Gunakan bumbu-bumbu aromatik

Ilustrasi bawang putih (pixabay.com/stevepb)

Seperti halnya memasak makanan lain, membuat sup kambing pun membutuhkan tambahan bumbu-bumbu aromatik. Sehingga selain bisa menghilangkan bau prengus, cita rasa sup kambing pun jadi semakin lezat.

Bumbu-bumbu aromatik yang dimaksud meliputi bawang merah, bawang putih, jahe, dan serai. Untuk bawang merah dan bawang putih harus kamu cincang halus. Sedangkan jahe dan serai harus kamu geprek. Selanjutnya tumis bumbu-bumbu tersebut dengan sedikit minyak hingga mengeluarkan aroma harum. Setelahnya, masukkan ke dalam panci yang akan digunakan untuk memasak sup kambing.

4. Masak dengan api kecil

Ilustrasi memasak sup kambing (freepik.com/valeria_aksakova)

Mengingat daging kambing memiliki tekstur alot, maka untuk memasak sup kambing dibutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, kamu harus bersabar demi menghasilkan tekstur daging empuk dan beraroma sedap. Selama proses memasak, kamu tak perlu menggunakan nyala api yang besar agar cepat matang.

Cukup gunakan nyala api kecil saja dan biarkan mendidih secara perlahan selama beberapa jam. Tapi kalau ingin waktu memasaknya lebih singkat, kamu bisa menggunakan panci presto.

Baca Juga: 10 Kesalahan Membuat Sate Kambing Ini Sebabkan Daging Alot dan Bau

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya