TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Memasak Lidah Sapi agar Empuk dan Tak Bau Anyir, Mudah Banget!

Pengolahan yang tepat menjadikan masakan lidah sapi lezat

ilustrasi olahan lidah sapi (instagram.com/muliaaris)

Dibandingkan dengan daging, olahan lidah sapi mungkin kurang diminati. Padahal cita rasa olahan lidah sapi sangat menggugah selera, salah satunya bistik lidah. Beberapa alasan orang tak menyukai olahan lidah sapi dikarenakan teksturnya yang keras dan alot serta bau anyirnya yang terlalu kuat.

Namun, jika kamu mengetahui cara pengolahan yang benar, maka kamu bisa mendapatkan tekstur lidah sapi yang empuk, lembut, bebas bau anyir, dan pastinya lezat. Berikut ini akan penulis bagikan tiga tips memasak daging sapi yang bisa segera kamu praktikkan di rumah.

1. Pilih lidah sapi yang masih segar

ilustrasi olahan lidah sapi (instagram.com/dwsbrt)

Lidah sapi yang akan kamu masak haruslah dipilih yang masih segar. Karena lidah sapi segar tak terlalu mengeluarkan bau anyir atau amis. Jika dilihat dari tampilannya, lidah sapi segar memiliki tekstur kenyal saat ditekan, tak lembek, dan tak ada lendir. Sedangkan ciri-ciri lidah sapi tak segar kebalikannya, yaitu mengeluarkan bau tak sedap, lembek, dan berlendir.

Meski lidah sapi yang kamu dapatkan itu segar, bukan berarti sudah benar-benar bebas bau anyir atau amis. Maka dari itu, kamu perlu mencucinya menggunakan air hingga benar-benar bersih. Jangan lupa tambahkan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau anyir atau amisnya, ya.

2. Rebus lidah sapi terlebih dahulu

ilustrasi olahan lidah sapi (instagram.com/m_anasthacia)

Merebus lidah sapi wajib dilakukan sebelum kamu mengolahnya menjadi aneka makanan lezat. Dengan merebusnya, maka kamu akan membuat tekstur lidah sapi yang semula kenyal menjadi empuk. Saat direbus, jangan lupa campur dengan berbagai macam bumbu rempah-rempah, seperti jahe, lengkuas, pekak, daun salam, dan daun jeruk.

Selain bisa mengurangi aroma anyir atau amis, penambahan bumbu rempah-rempah juga akan membuat cita rasa olahan lidah sapi jadi lebih lezat. Kalau kamu ingin lebih praktis, alih-alih merebus lidah sapi, kamu bisa menggunakan panci presto. Jadi, lidah sapi bisa empuk lebih cepat, deh.

Baca Juga: 7 Kreasi Masakan dari Sisa Daging Sapi, Langsung Habis Diserbu!

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya