TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kuliner Paling Enak di Berau yang Wajib Dicicipi, Yummy Abis!

Gak cukup kalau hanya makan seporsi #LokalIDN

Bubur paddas (instagram.com/lastie_munas)

Berau merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Timur dengan Tanjung Redeb sebagai pusat pemerintahannya.

Kabupaten yang dijuluki sebagai Bumi Batiwakkal ini tak hanya menyimpan potensi wisata alam dengan panorama yang menarik, tapi juga menyuguhkan beragam kuliner bercita rasa lezat nan unik  yang mampu memanjakan lidah.

Mau tahu apa saja sajian khas kabupaten Berau yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke sana? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Tehe-tehe

Tehe-tehe (instagram.com/joseph_lou)

Tehe-tehe merupakan salah satu kuliner yang unik di Berau karena menggunakan cangkang bulu babi sebagai wadahnya. Pada dasarnya tehe-tehe berbahan dasar beras ketan putih. 

Cara memasak tehe-tehe tidaklah sulit. Mula-mula cangkang bulu babi dicuci terlebih dahulu dengan kain untuk membersihkannya dari racun. Kemudian masukkan beras ketan putih, santan, dan garam ke dalamnya. Selanjutnya tutup bagian atas cangkang menggunakan daun pandan lalu diikat. Setelah itu rebus selama kurang lebih satu jam.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Bahari Paling Memukau di Berau, Wajib Berkunjung!

2. Udang singgang

Udang singgang (instagram.com/haneynaeyna)

Udang singgang merupakan hidangan favorit masyarakat Berau sejak zaman dahulu. Udang singgang sangat unik karena cita rasanya sangat lezat meskipun hanya direbus dengan air saja.

Mula-mula udang dilumuri dengan air jeruk nipis selama 10 menit. Setelah itu bilas dan disisihkan. Kemudian rebus santan bersama bumbu halus yang terdiri dari serai, lengkuas, kunyit, daun jeruk, asam kandis, dan daun salam. Lalu masukkan udang dan garam bersamaan. Selanjutnya aduk hingga santan meresap.

Udang singgang yang gurih ini bisa kamu santap langsung atau dijadikan sebagai lauk bersama nasi hangat.

3. Udang jarrang asam

Udang jarrang asam (instagram.com/ayudyar)

Selain udang singgang, di Berau juga terdapat hidangan lain berbahan dasar udang yang diberi nama udang jarrang asam.

Tidak sulit untuk membuat hidangan yang satu ini. Mula-mula udang dan sayuran dicuci terlebih dahulu. Kemudian potong kunyit, cabai merah, dan bawang merah lalu masukkan ke dalam air mendidih bersama udang, asam jawa, gula, serai, lengkuas, ubi jalar, jagung manis, dan kangkung. Tunggu hingga matang dan udang jarrang asam siap dihidangkan.

4. Kue puncak rasul

Kue puncak rasul (instagram.com/datu_edy_sambaliung)

Kue yang selalu ada saat acara syukuran di Berau ini merupakan salah satu jajanan paling legendaris. Bahan dasarnya berasal dari ketan. Cara penyajiannya yaitu dengan membentuknya menyerupai gunung.

Kue ini memiliki tiga warna yang terdiri dari kuning, merah dan putih dengan makna yang berbeda-beda. Warna kuning sebagai simbol keluarga kerajaan di Berau, warna merah melambangkan menteri dan penjaga kerajaan yang melindungi masyarakat, serta warna putih melambangkan nabi Muhammad sebagai tauladan yang baik.

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Kalimantan Timur, Jangan Lupa untuk Mencobanya!

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya