TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kuliner Khas Seluma yang Populer, Lezatnya Menggoda Iman! 

Semuanya bikin pengin nambah terus

instagram.com/jalilafatin

Seluma merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jambi dengan Tais sebagai pusat pemerintahannya. Kabupaten ini tak hanya populer dengan pesona alam yang menakjubkan dan budaya yang beragam, tapi juga kuliner khas yang lezat. Bahkan kelezatan kuliner khasnya bisa dengan mudah kamu jumpai di warung-warung yang ada di sana dengan harga terjangkau.

Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Gulai rebung asam

instagram.com/luckiis

Seperti namanya, kuliner khas Seluma yang satu ini berbahan dasar rebung atau tunas bambu. Gulai rebung asam biasanya diolah dengan campuran bahan-bahan lain mulai dari ikan laut, umbut lapai, kacang panjang, hingga daun paku.

Cita rasa gurih dari santannya semakin menambah kelezatan rasa. Gulai rebung asam lebih nikmat saat disantap dengan nasi hangat.

Baca Juga: 5 Ragam Kue Khas Jambi yang Lezat dan Menggugah Selera, Bikin Ngiler!

2. Cucur ringgit

instagram.com/liliswahyuwardanii

Cucur ringgit merupakan camilan khas Seluma yang terbuat dari beras ketan dan gula merah yang ditumbuk. Bentuknya bulat seperti gong dengan bagian tengah bertekstur empuk. Sementara itu cita rasanya manis gurih dan renyah di bagian pinggirannya.

3. Gulai remis

instagram.com/jalilafatin

Remis merupakan salah satu jenis kerang berukuran kecil yang banyak ditemukan di perairan Seluma. Dimasak bersama aneka macam bumbu rempah-rempah lokal, hidangan gulai remis memiliki cita rasa gurih yang menyegarkan dengan tekstur daging remis yang tipis dan kenyal. Membuat siapa saja tak sabar untuk segera mencicipinya.

4. Pendap

instagram.com/hobiasikk

Pendap merupakan kuliner khas Seluma yang bahan dasarnya berupa ikan laut. Ikan tersebut dicampur dengan berbagai macam bumbu, seperti cabai giling, kencur, bawang putih, dan parutan kelapa muda.

Kemudian olahan pendap dibungkus menggunakan daun talas. Lalu dikukus terlebih dahulu sebelum dimasak menggunakan tungku besar di atas kayu bakar. Tujuannya agar mendapatkan kelezatan rasa yang sempurna.

Baca Juga: 6 Kedai Kopi dengan Outdoor Space Terbaik di Kota Jambi, Wajib Dicoba!

Verified Writer

Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya