TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Menyimpan Kelapa Parut yang Mudah, Bisa Awet sampai 1 Bulan

Kelapa parut ternyata bisa disimpan matang atau mentah

kelapa parut (instagram.com/widipurnamasari)

Makanan dan masakan Indonesia tak lepas dari santan atau kelapa parut. Tak heran bila di rumah sering banget nih punya banyak stok kelapa terutama yang sudah diparut. Tapi sayangnya, kelapa parut ini tak bisa bertahan lama lho saat di suhu ruang. Biasanya aroma dan rasanya pun jadi berubah saat terlalu lama ada di suhu ruang.

Nah, ternyata ada beberapa tips mudah yang dapat kamu coba supaya kelapa parutmu tahan lebih lama, lho. Begini tipsnya.

1. Pilih kelapa yang masih segar

kelapa (instagram.com/kebunsua)

Sebelum memutuskan menyimpan parutan kelapa, pilihlah jenis kelapa yang segar agar rasa santan yang dihasilkan lebih fresh. Selain itu warnanya akan jauh lebih putih dan aromanya lebih enak. Sebelum diparut, kupas dulu kulit dan kerok kulit kelapa bagian dalam yang berwarna cokelat.

Meski dapat disimpan lama, namun kamu tidak boleh menyimpan kelapa parut yang sudah lebih dari 1 hari disimpan pada suhu ruang karena rasa dan aromanya sudah berubah. 

Baca Juga: 6 Tips Mengukus Kelapa Parut agar Gak Berubah Warna

2. Kukus kelapa parut

mengukus kelapa parut (instagram.com/cookingwithfenny)

Sebelum disimpan dalam kulkas sebaiknya kelapa parut dikukus dahulu. Karena bila langsung disimpan, rasanya akan asam dan berbau. Mengukusnya cukup diletakkan dalam mangkuk panas lalu dikukus dalam panci hingga matang. Tambahkan garam dan daun pandan, supaya aromanya harum. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin sebelum disimpan dalam kulkas.

Cara ini membuat kelapa parutmu tahan lama dan dapat digunakan sewaktu-waktu. Terutama untuk taburan kue tradisionalmu seperti klepon putu ayu dan lainnya. 

Verified Writer

Natasha Wiyanti

🍉

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya