TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Meniriskan Keripik biar Gak Berminyak dan Tetap Renyah

Kamu yang suka bikin keripik wajib tahu!

Ilustrasi meniriskan keripik (pexels.com/id-id/@valeriya/)

Camilan renyah yang dibuat dengan cara digoreng ini memang enak dimakan saat menonton drama, film, atau main game. Tak heran bila keripik banyak mengisi stoples di rumah.

Jenis keripik pun sangat banyak, bahkan ada yang terbuat dari sayuran dan umbi-umbian. Selain beli, kamu bisa lebih hemat dengan menggoreng keripik sendiri. Coba tips meniriskan keripik biar gak berminyak dan tetap renyah maksimal ini, ya!

Baca Juga: 5 Kunci Membuat Keripik Kulit Ayam yang Garing

1. Tiriskan dengan spinner

Ilustrasi meniriskan dengan saringan (pexels.com/id-id/@ron-lach/)

Kebanyakan industri besar atau usaha rumahan menggunakan spinner, mesin peniris otomatis. Mesin ini dapat langsung secara otomatis mengeringkan minyak yang melekat pada keripik.

Cara menggunakannya mudah, kamu tinggal memasukkan keripik yang selesai digoreng ke dalamnya, lalu tinggal mengoperasikannya lewat tombol yang tersedia. Setelah ditiriskan, kamu bisa langsung mengangkat dan memindahkannya dalam wadah. 

2. Angkat keripik dengan serok peniris

Ilustrasi meniriskan (unsplash.com/@joshua_hoehne)

Alat lain yang digunakan untuk meniriskan adalah serok peniris. Serok peniris merupakan alat peniris manual yang banyak digunakan di rumah dan mudah dijumpai di pasar. Harganya murah, biasanya terbuat dari bahan stainless, alumunium atau besi, permukaannya berlubang. Fungsi lubang pada serok peniris ini sebagai jalan keluar tetesan minyak.

Cara menggunakannya mudah dan tak menggunakan tombol apa pun. Karena kamu tinggal mengumpulkan keripik yang sudah matang dengan serok peniris. Kemudian, hentakkan sebentar agar minyak hilang dan menetes ke bawah. Setelah berkurang, tuang keripik pada nampan yang dialasi kertas. Biarkan dingin dulu suhunya baru, lalu bisa dimasukkan dalam stoples. 

Baca Juga: 9 Penyajian Keripik Kentang Paling Unik, Ada yang di Atas Rumput!

Verified Writer

Natasha Wiyanti

🍉

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya