TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Kueh Pie Tee, Salad Gurih dan Renyah dari Singapura

Penyajiannya mirip hidangan canape khas Amerika

Kueh pie tee (instagram.com/sailaway.lounge)

Ingin mencoba menu sehat selain salad? Cobalah pie tee atau pai ti. Pasti terdengar asing, ya? Pie tee merupakan makanan khas Singapura yang disajikan dengan cup renyah berisi sayuran dan daging atau ikan. Rasanya gurih dan sedikit renyah saat digigit. Sering dikira berasal dari Cina, ternyata hidangan ini adalah hasil modifikasi orang-orang Tionghoa yang tinggal di Singapura dan Malaysia. 

Tak hanya dikedua negara tersebut, pie tee juga bisa ditemukan di Indonesia, lho. Sebelum mencicipi salad melayu ini, simak beberapa fakta pie tee di bawah ini

1. Apa itu pie tee?

Kueh pie tee (instagram.com/shiladaslaserbadass)

Pie tee adalah jajanan khas Melayu yang mirip dengan popiah. Bila kamu belum tau, popiah adalah lumpia basah yang berisi sayuran daging dan disajikan langsung tanpa digoreng. 

Namun pie tee memiliki cara penyajian yang sedikit berbeda. Bila popiah digulung kemudian dipotong. Isian dalam pie tee disajikan dengan cara dimasukkan dalam cup/mangkuk kecil yang bisa dimakan. Karena bahannya berasal dari campuran tepung telur dan air yang dicetak menggunakan alat khusus.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Dessert Khas Imlek Terpopuler dan Enak

2. Memiliki nama lain golden cup

Kulit kueh pie tee (instagram.com/hazanifaizkitchen)

Dikenal berasal dari Singapura atau Malaysia, makanan ini sudah ada sejak era penjajahan Inggris di negara-negara melayu termasuk Indonesia, lho. Dikutip dari Atlasobcura nama pai ti/pie tee berasal dari kata pastry yang merupakan kue kering yang banyak disukai dan dimakan oleh orang Inggris kala itu. Kemudian orang-orang keturunan tionghoa/peranakan mencoba membuat makanan yang mirip dan terciptalah pie tee yang lebih sederhana. 

Selain disebut mirip popiah, ternyata pie tee memiliki sebutan lain yaitu golden cup. Nama ini merujuk pada warna wadah pie tee yang cokelat dan keemasan atau golden. Sedangkan cup diambil dari bentuknya yang mirip mangkuk.

3. Bentuknya sering disamakan dengan top hat ala Inggris

Kueh pie tee (instagram.com/nurui_pan)

Dikutip dari Ieatishootipost nama lain yang disematkan pada salad khas melayu ini adalah top hat/nyonya top hat. Sebutan top hat untuk pie tee banyak digunakan masyarakat Malaysia. Karena bentuk cup makanan ini mirip dengan top hat atau topi model tinggi yang muncul di Inggris pada tahun 1700an.

Selain namanya yang berbeda, bentuk penyajian top hat juga tak sama dengan pie tee khas Singapura. Karena ujung atas cup akan dilipat keluar sehingga sangat mirip dengan bentuk top hat khas Inggris tersebut. 

4. Cara membuatnya mudah

Kueh pie tee (instagram.com/hazanifaizkitchen)

Untuk membuat pie tee cukup mudah, lho. Pertama kamu harus membuat adonan cupnya yaitu dengan mencampurkan tepung terigu, beras, air dan telur. Kemudian dicetak dan goreng dengan cetakan khusus pie tee yang bisa ditemukan di beberapa toko offline maupun online. Setelah matang, tahap selanjutnya adalah membuat isiannya. Kebanyakan isian pie tee adalah sayuran dan daging, ikan, atau udang.

Caranya mudah karena hanya dengan memotong semua sayuran dan daging tipis memanjang kemudian bumbui rempah-rempah lalu tumis hingga matang dan harum. setelah itu masukkan salad sayur ini ke dalam cup untuk disajikan.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ayam Giling untuk Camilan yang Lezat, Wajib Bikin!

Verified Writer

Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya