TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Krumkake, Kue Semprong Khas Norwegia yang Renyah

Sudah berumur ribuan tahun, lho

krumkake (instagram.com/runtothetable)

Mirip kue semprong dari Indonesia, krumkake khas Norwegia merupakan kue Natal yang selalu ada setiap tahunnya di negara tersebut.

Memiliki tekstur tipis dan renyah, krumkake makin lezat saat diisi krim manis ditengahnya. Enak banget buat camilan, krumkake jadi favorit banyak orang di Norwegia.

Ternyata, camilan renyah ini juga ada di Swedia dan negara Skandinavia lainnya dengan nama yang berbeda-beda. Berikut 5 fakta seputar krumkake khas Norwegia yang renyah dan patut kamu coba.

1. Krumkake sudah berumur ribuan tahun

Krumkake (instagram.com/jkrause3202)

Krumkake khas Norwegia identik dengan perayaan Natal. Kue tipis dan renyah ini selalu hadir menjadi suguhan istimewa di hari Natal.

Krumkake sudah ada sejak abad ke-19 dan menjadi tradisi di negara Skandinavia tersebut. Krumkake dihidangkan di meja dan dinikmati bersama keluarga, teman,  dan saudara di hari spesial tersebut. 

Baca Juga: 9 Fakta Salteñas, Kue Unik Khas Bolivia yang Mirip Dengan Kue Pastel

2. Krumkake dimasak dengan cetakan besi khusus

Krumkake (instagram.com/tilbords)

Krumkake dicetak khusus dengan cetakan besi dengan motif khas di dalamnya. Jenis cetakan krumkake ada dua, yaitu menggunakan api dan listrik.

Dengan menggunakan cetakan ini, krumkake menjadi renyah dan pipih. Setelah dicetak, krumkake akan dilipat bisa berbentuk segitiga maupun digulung.

3. Krumkake bisa diisi dengan krim dibagian tengahnya

Krumkake (oportionalplate.com)

Tak hanya dimakan tanpa topping apapun, krumkake juga bisa dinikmati dengan aneka krim di dalamnya. Krim dalam krumkake memiliki rasa ringan manis dan segar. Hal ini menambah citarasa krumkake menjadi lebih beragam saat dinikmati. 

4. Krumkake digulung dengan cookie roller khusus

Krumkake (instagram.com/runtothetable)

Krumkake sering juga disebut waffle kering Norwegia. Sebab dibuat dengan cetakan khusus dan memiliki bahan yang sama dengan wafflekrumkake lebih tipis dan renyah. 

Krumkake dihidangkan dengan cara dilipat atau digulung. Untuk mendapatkan gulungan krumkake yang sempurna diperlukan cookie roller khusus yang terbuat dari kayu. 

Baca Juga: 9 Fakta Rosette, Kue Asal Swedia yang Mirip dengan Kue Kembang Goyang

Verified Writer

Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya