TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Kacang Kenari, Kacang Khas Persia!

Kacang kenari lumayan sering dikonsumsi untuk berbagai menu

ilustrasi kacang kenari (unsplash.com/@enginakyurt)

Kacang kenari merupakan sejenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon bergenus Juglans. Jenis kacang ini biasanya digunakan untuk berbagai macam produk sesuai dengan kebutuhan masing-masing, sehingga bisa menggunakan jenis kacang yang terbaik untuk hasil yang maksimal.

Tak semua negara familier dengan keberadaan kacang kenari, meski sebetulnya kacang kenari ini tersebar ke berbagai benua seperti Asia, Amerika, hingga Eropa. Untuk semakin mengenal keberadaan kacang kenari, kamu bisa menyimak beberapa fakta menarik berikut ini.

1. Sejarah dari kacang kenari

ilustrasi kacang kenari (unsplash.com/@tomhermans)

Setiap jenis tanaman memang biasanya memiliki asal muasal yang berbeda-beda, sama halnya dengan kacang kenari. Jenis akcang-kacangan ini juga memiliki sejarahnya tersendiri, mulai dari asal muasalnya hingga kapan tanaman ini pertama kali ditemukan.

Dilansir California Walnuts, kacang kenari sebetulnya merupakan kacang kenari memiliki sejarah yang cukup panjang sejak ribuan tahun silam. Kacang kenari telah diketahui berasal dari tahun 7000 Sebelum Masehi di Persia Kuno. Pada saat itu justru keberadaan kacang kenari hanya diperuntukan bagi keluarga kerajaan saja.

Baca Juga: Resep Bolu Tape Kenari, Satu Potong Saja Gak Cukup!

2. Cara pembudidayaan kacang kenari

ilustrasi kacang kenari (unsplash.com/@supardisign)

Kacang kenari memang menjadi salah satu tanaman yang kerap dibudidayakan oleh banyak orang. Inilah yang membuat kacang ini secara aktif dibudidayakan untuk memenuhi komoditas kacang kenari yang dibutuhkan oleh orang banyak.

Dilansir MasterClass, kacang kenari bersifat monoecious yang berarti menghasilkan bunga jantan dan betina yang dibutuhkan untuk berkembang biak. Nantinya kacang kenari dewasa akan menghasilkan daging kenari yang bisa dipanen secara aktif. Meski begitu, secara umum memang kacang kenari lebih sering ditemukan pada kawasan sub tropis.

3. Kacang kenari bisa dikonsumsi mentah

ilustrasi kacang kenari (unsplash.com/@sahandbabali)

Kacang kenari ternyata selayaknya jenis kacang-kacangan lain yang bisa dikonsumsi mentah. Kamu tak perlu melakukan proses pengolahan terlebih dahulu untuk mencicipi kacang ini, meski mungkin saja cara pengonsumsiannya tidaklah selalu mudah.

Dilansir Harvard Health, sebetulnya kacang kenari bagus untuk dikonsumsi secara mentah, sebab kandungannya masih sangat terjaga dibandingkan yang sudah dipanggang. Namun, sebelum mengonsumsi kacang ini sebaiknya rendam kacang kenari terlebih dahulu agar memudahkan tubuh untuk mengonsumsinya secara mentah.

4. Manfaat sehat dari kacang kenari

ilustrasi kacang kenari (unsplash.com/@tomhermans)

Kacang kenari menjadi salah satu produk kacang yang ternyata memiliki manfaat cukup baik untuk tubuh. Inilah mengapa kacang kenari cukup sering untuk dikonsumsi, sebab menyimpan berbagai khasiat positif untuk kesehatan tubuh nantinya.

Dilansir Healthline, kacang kenari menjadi jenis kacang-kacangan yang kaya akan lemak sehat, tinggi antioksidan, meningkatkan kesehatan otak, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu, kacang kenari juga cukup sering dikonsumsi untuk diet, sebab bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Perbedaan Kacang Merah dan Kacang Adzuki, Jangan Tertukar!

Verified Writer

Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya