TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Menu Sarapan untuk Usia 50 Tahun, Jaga Energi dan Kesehatan 

Tak hanya mengenyangkan, nutrisi juga harus terpenuhi

ilustrasi menu sarapan untuk usia 50 tahun (pexels.com/Life Of Pix)

Sarapan adalah waktu makan penting yang membantu menjaga energi dan kesehatan sepanjang hari, terlebih ketika kamu sudah memasuki usia 50 tahun. Memilih sarapan yang tepat bisa memberikan banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan jantung, meningkatkan energi, hingga mendukung kesehatan otak, lho. Itulah mengapa kamu perlu lebih berhati-hati memilih beberapa menu sarapan untuk usia 50 tahun.

Di usia 50-an, tubuhmu mungkin mengalami beberapa perubahan, seperti metabolisme yang melambat dan kebutuhan gizi yang berbeda. Makanya, penting banget untuk memilih menu sarapan yang bergizi, gampang disiapkan, dan pastinya enak.

Berikut ini adalah beberapa ide sarapan yang gak hanya lezat tapi juga menyehatkan dan cocok untuk kamu yang ingin tetap fit dan bugar di usia 50 tahun ke atas.

1. Telur orak-arik

ilustrasi telur orak-arik (pexels.com/Serg Alesenko)

Telur orak-arik merupakan pilihan klasik yang bisa kamu nikmati setiap pagi tanpa butuh banyak waktu untuk menyiapkannya. Telur kaya akan protein yang dapat menjaga massa otot, terutama saat kamu menua. Di samping itu, telur mengandung vitamin B6, B12, dan D yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan tulang.

Kamu bisa membuat telur orak-arik lebih menarik dengan menambahkan herba segar seperti daun basil atau parsley, serta rempah-rempah seperti lada hitam dan paprika. Jangan lupa, kamu juga dapat menambahkan sayuran seperti bayam atau jamur untuk serat ekstra dan vitamin.

Menu ini mudah dibuat dan bisa disajikan hanya dalam beberapa menit, membuatnya cocok untuk pagi yang sibuk.

2. Roti dengan alpukat dan salmon

ilustrasi roti alpukat dan salmon (pexels.com/Nicola Barts)

Roti gandum utuh dengan alpukat dan salmon asap adalah sarapan yang terdiri dari perpaduan sempurna antara serat, lemak sehat, serta protein. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung, sedangkan salmon adalah sumber asam lemak omega-3 yang bisa membantu menjaga fungsi otak dan mengurangi peradangan di tubuh.

Untuk menambahkan rasa dan tekstur, kamu dapat menambahkan topping seperti bawang merah, mentimun, atau bahkan biji wijen. Kombinasi ini gak cuma lezat, tetapi juga membuatmu kenyang lebih lama karena kandungan serat dan protein yang tinggi.

3. Oatmeal dengan buah segar dan selai kacang

ilustrasi oatmeal buah segar (pexels.com/Keegan Evans)

Oatmeal merupakan sarapan yang tinggi serat dan sangat baik untuk pencernaan. Serat dalam oatmeal membantu menstabilkan kadar gula darah dan menjaga perasaan kenyang lebih lama. Menambahkan buah segar seperti beri, pisang, atau apel memberikan tambahan vitamin dan antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuhmu.

Agar oatmeal lebih enak, tambahkan sesendok selai kacang atau kacang almond yang memberikan protein dan lemak sehat yang lebih tinggi. Paduan ini dapat membuat sarapan jadi lebih seimbang dan memberi energi yang cukup untuk menjalani aktivitas harian.

4. Parfait yogurt yunani

ilustrasi parfait yogurt Yunani (pexels.com/Jenna Hamra)

Jika kamu ingin sarapan yang praktis tapi tetap bernutrisi, parfait yogurt yunani bisa jadi pilihan. Yogurt yunani lebih tinggi protein dibandingkan yogurt biasa sehingga baik untuk menjaga massa otot. Kamu dapat menambahkan lapisan buah seperti stroberi, blueberry, atau kiwi untuk mendapatkan dosis vitamin C dan serat.

Tambahkan granola atau kacang-kacangan untuk tekstur renyah serta energi tambahan. Parfait ini bisa kamu siapkan pada malam hari sebelumnya. Jadi ketika pagi tiba, kamu gak kerepotan lagi. Selain praktis, parfait ini juga bisa dibawa saat kamu bepergian.

Baca Juga: 7 Manfaat Greek Yogurt, Tinggi Protein dan Rendah Gula

5. Tumis sayuran dengan daging cincang

ilustrasi tumis sayuran dengan daging cincang (pexels.com/Cats Coming)

Sarapan gak selalu harus manis. Tumis sayuran dengan daging cincang rendah lemak, seperti kalkun atau ayam, dapat menjadi alternatif lezat dan bergizi. Kombinasi protein dari daging dan serat dari sayuran seperti paprika, bayam, dan ubi jalar, membuat hidangan ini mengenyangkan dan seimbang.

Di samping itu, kamu dapat menambahkan herba seperti oregano atau thyme untuk memberikan rasa yang lebih kaya. Menu ini juga fleksibel karena kamu bisa menyesuaikan jenis sayuran dan daging sesuai selera atau apa yang ada di dapur.

6. Puding biji chia

ilustrasi puding chia (pexels.com/Dima Valkov)

Biji chia termasuk superfood yang tinggi serat dan omega-3. Sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pencernaan. Membuat puding chia juga sangat mudah karena cukup campurkan biji chia dengan susu atau susu alternatif seperti almond atau oat, dan biarkan semalaman di kulkas. Paginya, kamu dapat menambahkan buah seperti mangga, pisang, atau buah beri untuk menambah rasa.

Selain tinggi nutrisi, puding chia juga sangat mengenyangkan. Cocok untuk kamu yang membutuhkan energi di pagi hari.

7. Keju cottage dengan buah segar

ilustrasi keju cottage dengan buah segar (pixabay.com/DraCat)

Keju cottage merupakan sumber protein yang mudah dicerna dan rendah lemak, cocok untuk kamu yang ingin menjaga asupan kalori. Kamu dapat memberikan beberapa buah segar seperti beri, persik, atau apel untuk tambahan rasa manis alami dan serat. Keduanya adalah kombinasi sempurna antara protein dan serat yang bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama tanpa harus merasa berat. Ini menjadi menu yang praktis, karena bisa disiapkan dalam hitungan menit.

8. Smoothie

ilustrasi smoothie stroberi bayam (pexels.com/Antoni Shkraba)

Jika kamu suka sarapan yang bisa diminum, smoothie dapat jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa membuat smoothie yang seimbang dengan mencampurkan sayuran seperti bayam, buah-buahan seperti pisang atau mangga, dan yogurt untuk protein tambahan.

Agar lebih mengenyangkan, berikan biji chia, kacang almond, atau granola sebagai topping. Smoothie juga mudah disesuaikan dengan selera dan kebutuhan nutrisi, jadi kamu bisa eksperimen dengan berbagai bahan yang kamu suka, deh.

Menu sarapan untuk usia 50 tahun ke atas gak harus membosankan atau sulit disiapkan. Dengan memilih berbagai bahan yang tepat dan memadukannya dengan kreatif, kamu bisa menikmati berbagai menu lezat yang juga menyehatkan. Mulailah harimu dengan sarapan bergizi agar tubuh tetap energik dan siap menjalani aktivitas!

 

Baca Juga: [QUIZ] Pilih Menu Sarapan Favoritmu, Kami akan Tahu Karaktermu

Verified Writer

Lathiva R. Faisol

Senang membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya