TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Makanan Aceh Bercita Rasa Asam, Segarnya Bikin Mata Merem Melek!

Makanan khas Aceh terkenal punya kaya cita rasa

ilustrasi asam keueng (instagram.com/ika_febyja)

Makanan khas Aceh rata-rata terkenal dengan rasanya yang kaya rempah. Tapi siapa sangka jika provinsi paling ujung di Pulau Sumatra ini memiliki juga makanan yang cenderung rasanya asam. Tentunya, sensasi asam memberikan kesegaran tersendiri ketika kita menyantapnya.

Berikut, empat makanan bercita rasa asam khas Aceh. Bisa jadi inspirasimu saat ingin menikmati makanan yang asam.

1. Rujak aceh

ilustrasi rujak aceh (instagram.com/fattummy.id)

Rujak aceh tak seperti umumnya rujak yang mengandalkan rasa manis gula merah, dan pedas dari cabai saja. Rujak aceh identik juga dengan penggunaan perasan jeruk nipis atau limau sehingga rasanya jadi sedikit asam.

Faktor lainnya yang membuat rujak aceh terkenal dengan rasa asam karena isiannya. Rujak aceh tidak pernah meninggalkan buah bercita rasa asam seperti nanas, belimbing, dan mangga kweni.

2. Pacri nanas

ilustrasi pacri nanas (instagram.com/rm.ratu_)

Bukan cuma bisa dinikmati sebagai buah langsung makan, nanas juga bisa dikombinasikan untuk membuat sambal hingga sayur, lho. Seperti pacri nanas khas Aceh yang rasanya menggoda banget di lidah.

Lalu, apa itu apa pacri nanas? Pacri nanas populer sekali di lidah orang Melayu di Indonesia. Makanan ini dibuat dari nanas yang dimasak dengan bumbu rempah. Gak cuma dengan rempah-rempah saja, pacri nanas diolah menggunakan kelapa parut sangrai. Kemudian masih diberi tambahan asam gelugur dan ebi sangrai sehingga rasanya asam bercampur aroma harum.

Baca Juga: 8 Kuliner Aceh dengan Sejarah Unik, Ada Makanan Pejuang Kemerdekaan! 

3. Asam keueng

ilustrasi asam keueng (instagram.com/diska_ariana)

Asam keueng bisa dibilang juga sayur asamnya orang Aceh, lho. Kalau sayur asam di daerah lain identik berisikan sayur-sayuran seperti labu, kacang, hingga jagung; asam keueng identik penggunaan ikan tongkol sebagai bahan baku utama.

Gak cuma cita rasa asam saja yang mencuat pada makanan khas Aceh ini, sensasi rasa pedas dan rempah seperti jahe dan kunyit terasa di lidah. Bikin makan jadi nambah terus, lho.

4. Masam jing

ilustrasi masam jing (instagram.com/lintas_gayo)

Ada yang baru dengar dengan nama makanan khas Aceh bercita rasa asam ini? Masam jing merupakan olahan ikan yang populer sekali di Dataran Tinggi Gayo. Masam jing bisa dibuat dengan menggunakan ikan jenis apapun.

Nantinya, ikan dimasak dengan bumbu bercita rasa asam dan pedas, lho. Gak cuma penggunaan ikan saja, masam jing biasanya diberi isian tambahan berupa kacang panjang dan kentang. Pokoknya nikmat banget jika dijadikan lauk bersama nasi putih.

Akhir pekan kala santai memang nikmat banget jika sajian makan di rumah itu yang segar dan bikin mata merem melek. Kalau kamu bingung harus masak masakan apalagi yang bercita rasa asam, empat makanan khas Aceh yang disebutkan tadi bisa jadi inspirasi, lho.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Aceh Utara yang Menarik untuk Dikunjungi

Verified Writer

Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya