TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kuliner Ini Bisa Dijadikan Santapan Saat Lebaran, Gak Selalu Opor!

Bisa dinikmati dengan ketupat atau lontong lho #LokalIDN

instagram.com/ warung.kaum.gambut

Opor ayam jadi kuliner atau makanan identik hari raya Idulfitri di Indonesia. Hampir semua umat muslim di Indonesia, tak pernah kelupaan untuk menyiapkan makanan bersantan ini sebagai hidangan untuk memanjakan lidah keluarga atau tamu saat Lebaran.

Gak kalah enak dari opor ayam, tujuh kuliner lokal berikut ini bisa dipilih sebagai santapan saat Lebaran. Apa saja, ya?

1. Soto sokaraja

instagram.com/lusi_prasetya

Soto sokaraja mempunyai isi seperti pada umumnya soto yaitu daging, taoge, dan soun. Namun, soto bercita rasa gurih ini memiliki keunikan karena dibubuhi dengan sambal kacang. Layaknya soto padang, soto sokaraja khas Banyumas juga diberi kerupuk merah muda sebagai pelengkap.

2. Lontong mi pematangsiantar

instagram.com/cokkomakan

Indonesia memiliki dua versi lontong mi. Lontong mi khas Surabaya dan Pematangsiantar. Tapi cobalah menyajikan kelezatan dari lontong mi pematang siantar saat hari raya tiba.

Bisa menggunakan mi kuning besar atau bihun, lontong mi yang ini dilengkapi dengan gurihnya sayur nangka. Lezatnya lontong mi pematangsiantar semakin paripurna karena dilengkapi isian seperti udang, telur balado, dan sambal goreng teri medan.

Baca Juga: 10 Resep Sajian Spesial Lebaran Khas Indonesia, Gak Cuma Opor Ayam 

3. Ayam kesrut 

instagram.com/ deargadis

Ayam kesrut merupakan kuliner khas Banyuwangi, Jawa Timur. Makanan berkuah dengan cita rasa gurih, pedas, dan asam ini umumnya berbahan utama daging ayam kampung.

Olahan ayam yang nikmat dijadikan santapan saat Lebaran ini juga memiliki aroma sedap yang berasal dari daun salam serta terasi yang bikin penikmatnya ketagihan.

4. Sate ambal

instagram.com/jogjafoodhunter

Sate ambal berasal dari Kebumen. Selain menggunakan ayam kampung, sate ambal punya keunikan tersendiri yang bikin penikmatnya penasaran. Keunikan tersebut terletak pada bumbu pelengkap sate yang terbuat dari tempe dihaluskan serta bumbu. Karena unik, sate ambal cocok disajikan sebagai santapan untuk Lebaran.

5. Sup ikan batam

instagram.com/sopikanbatammentenghuis

Siapa bilang hari raya haya enak menghidangkan daging merah saja? Sup ikan batam bisa jadi alternatif hidangan non daging. Apalagi, sup ikan batam menggunakan ikan fillet sehingga praktis banget untuk dibuat. Walaupun kuahnya bening, cita rasa sup ikan batam mampu membangkitkan selera makan.

6. Ketupat kandangan

instagram.com/warung.kaum

Ketupat kandangan khas Kalimantan Selatan dilengkapi dengan ikan yang dimasak santan. Jenis ikan yang dipilih biasanya berupa ikan haruan, yang dipanggang terlebih dahulu sebelum diolah bersama santan dan bumbu rempah. Tidak hanya telur bebek, ketupat kandangan bisa dilengkapi juga dengan sate.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Olahan Ketupat yang Rasanya Gak Kalah Enak dari Opor

Verified Writer

Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya