TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Makan ala Orang Inggris Ini Bisa Jadi Referensi Diet, Coba Yuk!

Bisa bikin bebas obesitas, lho

rd.com

Siapa sih yang gak pengin berat badan (BB) yang ideal? Tapi sayangnya, gak semua metode bisa diaplikasikan secara instan ke dalam tubuh kita. 

Menurut pakar gizi, Ali Khomsan, diet yang baik adalah yang bisa memangkas 500 kalori. Hal tersebut setara dengan satu kali makan siang. Kita bisa mengakalinya dengan makan buah. Apalagi hal tersebut harus dilakukan secara konsisten.

"Diet yang baik itu adalah di saat kamu nyaman melakukannya. Jika kamu tidak cocok atau terpaksa, diet tersebut tidak akan efektif dan berlangsung lama," katanya.

Baca juga: Diet Anggur Merah Dianggap Efektif Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

1. Inggris menyelenggarakan kampanye "One You" untuk mengurangi obesitas 

oneyouharingey.org

Kampanye "One You" bertujuan untuk membiasakan warganya mengonsumsi makanan sehat dan membatasi jumlah kalori. Warganya dianjurkan hanya mengonsumsi 400 kalori pada saat sarapan dan 600 kalori pada makan siang dan malam.

Menurut Chief Executive di Public Health England (PHE), seseorang harus mulai mengurangi konsumsi keripik, pizza, pasta, dan sebagainya. Makanan tersebut mempunyai kandungan kalori yang cukup banyak, sehingga membuat banyak orang kelebihan berat badan atau obesitas dalam waktu yang relatif singkat. 

Hasil penelitian PHE menyatakan bahwa anak-anak bisa kelebihan 500 kalori, sedangkan orang dewasa sekitar 200-300 kalori per harinya.

2. Inilah jumlah asupan kalori ideal yang harus kita konsumsi

huffingtonpost.com.au

Pembatasan kalori 400-600-600 tidak bisa diterapkan untuk semua orang, khususnya bagi ibu hamil atau mereka dengan catatan kesehatan tertentu seperti diabetes. Kamu yang tidak bisa menerapkan pola tersebut bisa menerapkan jumlah kalori yang diberikan para ahli gizi.

Rekomendasi saat ini menyarankan pria harus makan 2.000-2.500 kalori dan perempuan 1.600-2.000 kalori per hari. Bahkan, beberapa pola makan ada yang baik untuk berat badan dan mengurangi tekanan darah.

Pola makan yang dianjurkan adalah tiga porsi gandum setiap hari, 4-6 porsi sayuran, 4-6 porsi buah, 2-4 porsi produk susu, dan beberapa porsi daging, biji-bijian, atau kacang-kacangan.

Baca Juga: 10 Manfaat Mengunyah Perlahan Sesuai Sunah Rasul, Bagus Juga buat Diet

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya