TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Macam Choux Pastry yang Bikin Menggoyang Lidah, Manakah Favoritmu? 

Salah satunya ada eclair!

ilustrasi hidangan dari choux pastry (unsplash.com/Gurble Tan)

Kalian mungkin sudah tidak asing dengan choux pastry bukan? Kudapan yang satu ini seringkali dijadikan sebagai snack box baik untuk hantaran maupun suguhan di acara-acara pernikahan maupun fine dining pada sesi dessert.

Di Indonesia sendiri, choux pastry dikenal dengan kue sus. Isian vla yang manis berpadu dalam satu gigitan yang bikin pecah di mulut saat dimakan. Padahal sebenarnya choux pastry ini tidak selalu soal kue sus.

Kue sus memang salah satu dari jenis hidangan yang menggunakan choux pastry. Selain kue sus, ada banyak sajian hidangan manis lainnya yang sebenarnya dibuat dari adonan choux itu sendiri. Nah biar kamu makin penasaran, simak yuk apa saja jenis hidangan yang dibikin dari choux pastry!

1. Cream puff

ilustrasi cream puffs (YouTube.com/Nino's Home)

Cream puff atau yang disebut dengan choux au craquelin merupakan salah satu hidangan yang berasal dari adonan choux pastry. Kudapan yang satu ini mirip sekali dengan kue sus, hanya saja perbedaannya pada isian yang digunakan.

Apabila kue sus menggunakan isian berupa vla yang lumer, creamy, dan kental sehingga pecah di mulut saat dimakan, maka cream puff lebih condong menggunakan isian whipped cream.

2. Churros

ilustrasi churros (unsplash.com/Rosy Ko)

Siapa sih yang tidak kenal dengan churros? Jajanan yang menggoda selera ini juga masuk dalam kategori hidangan dengan bahan dasar choux pastry.

Pembuatan churros menggunakan bahan dasar adonan choux yang dikemas menggunakan piping bag, kemudian digunting bagian ujungnya. Lalu, adonan choux yang sudah dimasukkan dalam piping bag ini kemudian disemprotkan ke dalam minyak panas. Kamu bisa berkreasi dengan menggunting adonan sesuai selera.

3. Eclairs

ilustrasi eclair (unsplash.com/Rudy Issa)

Selanjutnya, ada eclair yang juga dibentuk dari choux pastry. Ciri khas dari eclair adalah bentuknya panjang mirip churros namun tebal. Eclair bisa kamu celupkan dengan lelehan cokelat di atasnya. Kemudian kamu kreasikan hidangan ini dengan berbagai topping. Mulai dari buah-buahan segar, meses, original, custard, chocolatte frosting, coffee ataupun topping lainnya.

Eclair sangat cocok sebagai pendamping kopi dan cemilan saat menonton series kesukaan kamu

Baca Juga: 5 Tips Membuat Donat Croissant agar Mudah Dibentuk

4. Croquembouche

ilustrasi croquembouche (YouTube.com/Sugar Geek Show)

Namanya agak sulit untuk dieja apalagi disebut. Tapi tenang saja, kue yang satu ini sering jadi pusat perhatian apalagi disajikan dalam acara-acara pesta.

Croquembouche merupakan kumpulan dari choux pastry berukuran kecil yang disusun menjulang tinggi mirip seperti kerucut. Tidak ketinggalan, croquembouche biasanya diberi hiasan berupa gula halus bubuk dan siraman saus karamel yang manis. Di bagian atasnya, kamu bisa tambahkan susunan buah segar agar kuenya terlihat menarik

5. Profiterole

ilustrasi profiterole (YouTube.com/Preppy Kitchen)

Profiterole merupakan salah satu hidangan yang juga dibuat dari adonan choux pastry. Sekilas profiterole ini mirip dengan kue sus yang sering kita kenal. Namun perbedaannya dengan kue sus adalah profiterole biasanya diberikan topping berupa gula bubuk di atasnya, crumble, ataupun saus cokelat di atasnya.

Profiterole juga mirip dengan cream puff. Bedanya, jika profiterole ini bisa kita isi dengan filling ice cream (bisa cokelat, vanila, atau rasa apapun sesuai selera). Profiterole juga tidak melulu manis ketika dihidangkan. Kamu bisa mencoba dengan profiterole yang savory (gurih). Bisa diisi dengan isian daging ataupun parutan keju.

6. Chouquette

ilustrasi chouquettes (YouTube.com/A Baking Journey)

Chouquette adalah kue yang berasal dari adonan choux pastry berukuran kecil. Ciri dari kue ini adalah memiliki rongga dan biasanya dilapisi dengan gula pearl. Walaupun sepintas bentuknya mirip dengan eclairs, hanya saja chouquette ini ukurannya bulat dan memiliki lubang di bagian dalam.

Konon, kudapan ini berasal dari Paris dan merupakan hidangan yang dapat dinikmati kapan saja, baik untuk sarapan maupun camilan.

7. Religieuse

ilustrasi religieuse (unsplash.com/Jojo Yuen)

Religieuse adalah sejenis kue kering atau pastry yang berasal dari Prancis. Kue ini terbuat dari dua bola choux pastry berukuran besar, diikuti dengan choux pastry yang kecil-kecil di bagian bawahnya.

Nama "religieuse" dalam bahasa Prancis berarti "biarawati, dan kue ini diberi nama demikian karena bentuknya yang dikatakan menyerupai seorang biarawati dengan jubahnya. Biasanya, kue religieuse dilapisi dengan glaze gula atau cokelat dan isian krim yang digunakan untuk religieuse juga bervariasi, seperti krim kopi, krim cokelat, atau krim vanila.

Kue ini sering disajikan sebagai hidangan penutup di berbagai acara dan restoran di Prancis.

8. Beignet

ilustrasi beignet (YouTube.com/Preppy Kitchen)

Beignet adalah kue yang biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang, terbuat dari adonan yang digoreng dalam minyak panas. Kue ini memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Setelah digoreng, beignet seringkali ditaburi dengan gula bubuk sebagai hiasan.

Beignet sering disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup di New Orleans dan merupakan hidangan yang populer di kota tersebut. Mereka biasanya disajikan dalam keadaan panas dan segar, dan sering dihidangkan dengan secangkir kopi atau minuman panas lainnya.

Beignet juga dapat diisi dengan berbagai macam isian seperti selai, krim, atau buah-buahan sehingga ada banyak variasi rasa yang dapat dinikmati.

Baca Juga: 5 Perbedaan Pastry dan Bakery, Pilihan Menu Sarapan yang Nikmat 

Verified Writer

Reyvan Maulid

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya