TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sup Sayur Khas Spanyol yang Paling Populer, Sedap dan Penuh Rasa!

Ternyata, Spanyol pun punya hidangan sup sehat dan lezat

Caldo gallego (instagram.com/gastroactivity)

Setiap negara biasanya mempunyai sup sayur yang mempunyai rasa yang autentik. Sup sayur ini tentu tak hanya kaya akan rasa, namun juga menyehatkan dan cocok menjadi menu diet. Salah satu negara yang mempunyai beberapa ragam sup sayur adalah Spanyol.

Negara ini mempunyai banyak olahan sup sayur yang tak hanya lezat, namun juga kaya nutrisi. Apa saja sup sayur khas Spanyol? Berikut daftarnya.

1. Menestra de verduras

Menestra de verduras (instagram.com/moncho666_)

Menestra de verduras merupakan menu makanan yang sangat serbaguna. Makanan ini dapat dihidangkan sebagai lauk, sup, atau rebusan yang tergantung pada metode persiapannya.

Menestra de verduras terbuat dari asparagus, kacang polong, artichoke, kacang hijau, zaitun, kentang, kacang putih, lobak, atau bawang.

Makanan ini sering menambahkan potongan ham Serrano ke dalam panci untuk memperkaya rasa. Sup ini paling lezat saat dihidangkan dalam keadaan panas.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Granada-Spanyol, Banyak Spot Instagramable, lho!

2. Caldo gallego

Caldo gallego (instagram.com/gastroactivity)

Caldo gallego merupakan sup hangat yang bergizi dan tidak memerlukan banyak biaya dalam pembuatannya. Biasanya setiap rumah mempunyai resep dan variasi tersendiri dari sup ini.

Caldo gallego umumnya terbuat dari collard greens, kubis, lobak, kentang, kacang putih, lemak babi, dan produk daging seperti chorizo, bacon, dan ham.

Secara tradisional, sup ini disajikan dalam mangkuk tanah tradisional yang bernama cuncas. Caldo gallego umumnya disantap pada bulan-bulan yang lebih dingin karena selalu dihidangkan dalam keadaan panas.

3. Caldo de papas

Caldo de papas (instagram.com/platos_variados)

Caldo de papas merupakan sup yang umumnya dihidangkan dalam keadaan hangat. Sup yang berasal dari Kepulauan Canary ini terbuat dari campuran bawang, kentang, tomat, paprika, ketumbar, kunyit, dan telur. Bahan-bahan tersebut lalu direbus perlahan sampai kentang benar-benar matang dan selanjutnya diakhiri dengan memecahkan beberapa telur mentah ke dalam panci.

Pada proses akhir, sup memiliki tekstur yang kental dan bertepung. Sup bisa dibidangkan dengan beberapa roti kering yang dipotong kecil-kecil.

4. Sopeao

Sopeao (instagram.com/loquemesalgadelapio)

Sopeao merupakan sup sayur yang umumnya disajikan dalam keadaan dingin. Sup ini terbuat dari tomat, bawang merah, bawang putih, paprika, roti sisa, minyak zaitun, garam, dan cuka. Untuk menambah kenikmatannya, sup bisa ditambahkan dengan telur rebus dan tuna.

Pada musim panas, sup biasanya dihidangkan dalam piring lebar dengan potongan tuna dan telur rebus, atau di piring terpisah. Roti kering juga umumnya menjadi pendamping sup untuk menyerap krim tomat.

Baca Juga: 5 Sajian Sup Khas Rusia Bercitarasa Lezat, Yuk Coba!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya