TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan yang Seharusnya Tak Disimpan di dalam Kulkas, Catat Yuk! 

Ada bawang merah hingga daun basil!

ilustrasi bawang putih (unsplash.com/Mike Kenneally)

Banyak orang yang memanfaatkan kulkas sebagai tempat yang aman untuk menyimpan berbagai makanan. Ini karena alat ini mampu membuat makanan lebih tahan lama dan tetap terjaga kesegarannya.

Namun, tahukah kamu bahwa tak semua makanan bisa disimpan di dalam kulkas? Jika tetap menyimpannya di alat ini, maka makanan tersebut malahan akan mudah rusak. Lalu, apa sajakah makanan-makanan ini? Berikut daftarnya.

1. Bawang merah

ilustrasi bawang merah (unsplash.com/Quin Engle)

Bawang merah memerlukan udara segar supaya tetap terlindungi kesegarannya. Kamu dapat menyimpannya ke dalam kantong kertas yang sudah dilubangi dan menempatkannya di dapur.

Selain itu, jauhkan bahan ini dari kentang. Hal ini dikarenakan gas dan kelembapan yang dihasilkan bawang merah bisa menjadikan kentang lebih cepat membusuk.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Sayur di Kulkas agar Tetap Segar

2. Bawang putih

ilustrasi bawang putih (unsplash.com/Mike Kenneally)

Sama halnya seperti bawang merah, bawang putih juga sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Namun, ditempatkan pada suhu ruang yang berkisar antara 15 hingga 18 derajat celsius.

Selain itu, letakkanlah bahan makanan ini ke dalam wadah yang mempunyai aliran udara. Kemudian simpan di tempat yang sejuk.

3. Biji kopi

ilustrasi biji kopi (unsplash.com/Anastasiia Chepinska)

Suhu kulkas yang lembap bisa menjadi penyebab kualitas dari biji kopi menurun sehingga tidak dapat menghasilkan cita rasa yang kuat. Di samping itu, temperatur dari kulkas seringnya tidak stabil dan naik turun setiap kali pintu kulkas dibuka.

Hal tersebut mengakibatkan timbulnya embun yang bisa membuat kulkas semakin lembap. Dengan demikian, kamu bisa menyimpan biji kopi di dalam wadah kedap udara dan meletakkannya pada suhu ruangan.

4. Basil 

ilustrasi daun basil (unsplash.com/Alissa De Leva)

Jika kulkas biasanya menjadi tempat yang paling baik untuk menyimpan sayuran hijau, maka ini tidak berlaku pada daun basil. Daun basil yang disimpan pada suhu di bawah 4 derajat celsius malahan dapat membuatnya menghitam.

Kamu sebaiknya tak menaruhnya di dalam kulkas, namun menyimpannya di ruangan dapur yang tak terpapar sinar matahari secara langsung dengan cara menata di dalam gelas, layaknya seperti bunga dalam vas. Kemudian isi gelas tersebut dengan air supaya terjaga kesegarannya.

Baca Juga: Berapa Lama Daging Ayam dapat Disimpan di Chiller Kulkas?

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya