TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sajian Korea Berbahan Sapi di Not Others, Galbitang Bikin Hangat!

Ada iga sapi hingga usus sapi, nih

Not Others (dok. ENA/Not Others)

Secara umum, daging sapi terbilang relatif mahal di Korea Selatan. Oleh sebab itu, hidangan yang menggunakan sapi memang tak disantap seumum sajian berbahan babi.

Dalam serial Not Others (2023) pun kuliner babi lebih kerap disuguhkan daripada masakan berbahan baku berupa sapi. Nah, inilah kuliner Korea berbahan sapi dalam Not Others!

1. Galbi

galbi (dok. ENA/Not Others)

Dalam liburan mereka, Kim Eun Mi (Jeon Hye Jin) dan Kim Jin Hee (Sooyoung) sedang merundingkan menu yang akan disantap. Salah satu menu pilihan itu yakni galbi

Galbi (Korean shortrib) merujuk pada daging iga sapi yang dipotong pendek lalu dipanggang. Galbi tersebut dibumbui agar cita rasanya lebih kaya. Galbi ternyata merupakan sajian yang terbilang mahal di Korea.

Baca Juga: 7 Kuliner Babi khas Korea di Drakor Not Others, Gamjatang atau Jokbal?

2. Galbitang

galbitang (dok. ENA/Not Others | commons.wikimedia.org/Beeniru)

Saat Kim Jin Hee (Sooyoung) mengunjungi sahabat ibunya, Kim Mi Jung (Kim Hye Eun), dia tak sengaja bertemu Park Ji Eun (Woo Mi Hwa). Beliau ternyata adalah bibi kandungnya, tepatnya adik dari ayahnya.

Galbitang termasuk hidangan berkuah bening. Bahan bakunya yakni rebusan galbi (Korean shortrib). Sup iga sapi ala Korea ini kerap disantap untuk menghangatkan tubuh. Kuah galbitang itu juga terasa segar dan gurih.

3. Galbijjim

galbijjim (dok. ENA/Not Others | commons.wikimedia.org/빽호랑)

Kim Eun Mi (Jeon Hye Jin) menyambangi apartemen kekasihnya, Park Jin Hong (Ahn Jae Wook). Dia mendapati kulkas yang penuh dengan makanan. Salah satunya galbijjim.

Galbijjim termasuk hidangan tradisional. Sesuai namanya, galbijjim merupakan variasi jjim yang merujuk pada olahan kukus (atau rebus). Galbijjim (Korean braised beef short ribs) berbahan baku berupa galbi

4. Soondae

soondae (dok. ENA/Not Others | commons.wikimedia.org/Choi Kwang-mo)

Pada adegan kilas balik, Kim Jin Hee (Sooyoung) dan putrinya, Kim Mi Jung (Kim Hye Eun), menikmati soondae. Sepasang ibu tunggal dan anaknya ini memang gemar makan.

Soondae alias sosis darah (blood sausage) menggunakan usus sapi (atau babi) yang sebelumnya telah dikeluarkan isinya dan dibersihkan. Usus itu lantas diisikan bahan makanan lalu direbus (atau dikukus) hingga matang. 

Baca Juga: 5 Tempat Makan Sate Babi Paling Favorit di Surabaya, Wajib Mampir!

Verified Writer

Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya